Berita Dunia Islam Terdepan

Video laporan khusus pembebasan bukit Ahmar di pinggiran Qunaitirah oleh mujahidin

10

QUNAITIRAH (Arrahmah.com) – Teks berita.Mujahidin Islam akhirnya berhasil Tal Ahmar atau bukit Ahmar barat di wilayah pinggiran Qunaitirah dari tangan pasukan rezim Nushairiyah Suriah dan milisi Syiah Hizbu Syaithan Lebanon pada Selasa (8/4/2014). Kesuksesan mujahidin merebut bukit yang sangat strategis tersebut merupakan pukulan telak bagi rezim Nushairiyah dan milisi Syiah.

Pertempuran sengit mengepung dan membebaskan bukit Ahmar barat memakan waktu selama beberapa pekan. Beberapa kelompok jihad ambil bagian dalam operasi gabungan tersebut. Diantaranya adalah Jabhah Islamiyah, Jabhah Nushrah, Harakah Al-Mutsanna Al-Islamiyah, Jama’ah Baitil Maqdis Al-Islamiyah dan beberapa kelompok jihad lokal lainnya.

Harakah Ahrar Asy-Syam Al-Islamiyah, salah satu unsur dalam Jabhah Islamiyah, merupakan kelompok mujahidin pertama yang merilis laporan video tentang pembebasan bukit Ahmar di pinggiran Qunaitirah, melalui situs resmi Ahrar Asy-Syam pada Selasa (8/4/2014).

Ahrar Asy-Syam melaporkan sejumlah besar tentara rezim dan milisi Syiah tewas dalam pertempuran tersebut. Mujahidin juga berhasil merebut sebuah tank T 72, sebuah tank BMP dan senjata mesin berat kaliber 14,5 mm. Kemenangan penting tersebut menaikkan moral tempur mujahidin.

Pada hari Rabu (9/4/2014) mujahidin Kantor Media Harakah Al-Mutsanna Al-Islamiyah merilis video laporan khusus tentang situasi bukit Ahmar setelah dibebaskan mujahidin.

“Pengepungan yang lama dan pendakian yang berat, ya, inilah perbukitan Ahmar. Di atas perbukitan Ahmar terdapat parit-parit pertahanan tempat pasukan rezim Nushairiyah berjaga dan bertempur,” kata wartawan Harakah Al-Mutsanna Al-Islamiyah.

Di sepanjang puncak perbukitan Ahmar terdapat posko-posko pertahanan pasukan rezim Nushairiyah Suriah. Selain itu juga terdapat parit pertahanan yang memanjang dan bivak-bivak tempat tinggal pasukan rezim selama mereka berjaga dan bertempur di perbukitan tersebut.

Wartawan Harakah Al-Mutsanna Al-Islamiyah berkeliling perbukitan Ahmar dan merekam kondisi di setiap sudutnya. Parit-parit pertahanan dan posko-posko penjagaan dipenuhi oleh mayat-mayat tentara rezim dan milisi Syiah. Bahkan mayat-mayat mereka juga berceceran di lereng-lereng dan puncak bukit, tempat dimana pertempuran sengit berlangsung.

Dari puncak perbukitan Ahmar, nampak pemandangan indah kaki bukit dan desa-desa di bawah bukit Ahmar. Wilayah pertanian nampak sangat luas dan hijau, dengan irigasi yang sangat baik. Wilayah tersebut sangat subur.

Sejumlah tank, truk militer, meriam, senjata berat dan amunisi beragam jenis berhasil dirampas mujahidin dari pasukan Nushairiyah Suriah dan milisi Syiah di perbukitan Ahmar. Mujahidin mengibarkan panji tauhid dan bendera Harakah Al-Mutsanna Al-Islamiyah di atas menara militer di puncak bukit Ahmar.

Selama sebulan terakhir mujahidin Jabhah Islamiyah, Jabhah Nushrah, Ittihad Islami li-Ajnad Asy-Syam, Liwa’ Al-Ummah, Harakah Al-Mutsanna Al-Islamiyah dan beberapa kelompok jihad lokal lainnya menggelar operasi gabungan di pinggiran Qunaitirah dan Dara’a. Selain merebut sejumlah desa dan markas militer di pinggiran Qunaitirah dan Dara’a, mujahidin juga berhasil menghambat pengiriman pasukan bantuan, senjata, amunisi dan logistik bagi rezim Nushairiyah di Damaskus.

(muhib al majdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...