Berita Dunia Islam Terdepan

Tolak usaha revisi undang-undang ormas yang akan menjadikan pancasila sebagai asas tunggal ormas

Logo Persis
6

PERNYATAAN SIKAP PIMPINAN DAERAH PERSATUAN ISLAM (PERSIS) KOTA BANDUNG

Nomor : 142/B.3-C.3/1.01/2012

Tentang

PENOLAKAN USAHA REVISI UNDANG-UNDANG ORMAS YANG AKAN MENJADIKAN PANCASILA SEBAGAI ASAS TUNGGAL ORMAS

PD. Persis Kota Bandung mengecam usaha revisi undang-undang ormas yang akan menjadikan Pancasila sebagai asas tunggal ormas. Karena menjadikan Pancasila sebagai asas tunggal bisa menyebabkan kemurtadan. Kami mensinyalir adanya pihak-pihak yang ingin mengembalikan RI kepada rezim Orde Baru, di balik usaha revisi terhadap UU Nomor 8/1985.

Jika revisi RUU ormas tetap dipaksakan, berarti penguasa saat ini merupakan rezim otoriter dengan kemasan demokrasi. Dugaan adanya liberalisme dan radikalisme di tanah air selama ini terjadi lantaran ormas-ormas tidak mencantumkan Pancasila sebagai asasnya, adalah sesuatu yang sangat tidak berdasar. Dan merupakan satu kemunduran ke zaman Orde Baru. PD. Persis Kota Bandung tidak menyoal bila ada ormas Islam yang berasaskan Pancasila, namun jika revisi RUU Ormas itu memaksakan Pancasila sebagai asas, berarti menjadikan Pancasila sebagai asas tunggal. Hal ini bertentangan dengan akidah Islam karena asas tunggal Pancasila menjadikan ideologi Pancasila sebagai agama.

Kami yakin meski ormas Islam tidak berasaskan Pancasila namun komitmen ormas Islam terhadap NKRI tidak perlu dipertanyakan lagi. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada seluruh ummat Islam untuk melakukan perlawanan terhadap bangkitnya Orde Baru yang sangat zalim.

Oleh karena itu, kami :

1. Menolak Pancasila dijadikan sebagai asas tunggal Organisasi Kemasyarakatan.

2. Menyerukan kepada seluruh elemen masyarakat dan kaum muslimin khususnya untuk bersama-sama menentang bangkitnya Orde Baru yang sangat dhalim.

3. Menghimbau kepada para wakil rakyat (Anggota DPR RI), khususnya Pansus Revisi Undang-Undang Organisasi Masyarakat (Ormas), agar mendengar aspirasi ummat Islam yang terepresentasikan oleh Ormas-ormas Islam yang ada.

Demikian pernyataan sikap ini kami sampaikan. Mudah-mudahan Allah swt memberikan kekuatan kepada kita semua. Amien

 

جزاكم الله خيرا كثيرا

الله يأخذ بايدينا الى مافيه خير للاسلام و المسلمين

 

Bandung, 28 Shafar 1433 H.

22 Januari 2012M

Persis Kota Bandung

Ketua, Sekretaris,

 

Iman Setiawan Latief, S.H.I Jejen Jaenudin, M.Pd.I

Niat. 29890 Niat. 30000

Baca artikel lainnya...