LATAKIA (Arrahmah.com) – Kapal kargo Rusia telah mengangkut peralatan militer ke Suriah, beberapa hari setelah Moskow mengklaim telah memerintahkan kapal induknya untuk kembali ke rumah sebagai bagian dari penarikan pasukan yang terlibat dalam perang Suriah.

Kapal induk Admiral Kuznetsov dikirim ke Mediterania timur di musim gugur untuk meningkatkan serangan udara dan misi lainnya dalam mendukung pasukan rezim Asad.

Citra satelit baru-baru ini menunjukkan Rusia telah memindahkan peralatan militer ke basis di Latakia sejak pengumuman Jum’at pekan lalu, lansir MEE pada Selasa (10/1/2017).

ISI mengatakan dua kendaraan Iskander berada di basis militer Rusia di Latakia. (Foto: MEE)

ISI mengatakan dua kendaraan Iskander berada di basis militer Rusia di Latakia. (Foto: MEE)

Sementara itu ISI, sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam jasa satelit dan analisis data melaporkan pada pekan lalu bahwa Rusia telah mengerahkan sistem rudal balistik Iskander ke basis tersebut. ISI mengatakan dua kendaraan Iskander terlihat jelas dalam citra satelit yang diambil pada 28 Desember.

Menurut majalan online The Interpreter, penyebaran rudal balistik Iskander di Suriah memungkinkan Rusia untuk membuat ledakan di mana saja di negara tersebut serta target di bagian selatan Turki, “Israel”, Yordania dan beberapa bagian Arab Saudi dan Mesir.

Rusia sebelumnya mengumumkan pada Maret 2016 bahwa mereka menarik pasukan dari Suriah, namun terus mengaktifkan dua pangkalan udara yang dekat ke ibukota.

Mereka juga mulai mengirimkan bala bantuan yang signifikan ke Suriah pada Oktober dan menyediakan kekuatan udara penting untuk kampanye merebut Aleppo. (haninmazaya/arrahmah.com)

Topik: , ,