ALEPPO (Arrahmah.com) – Jenderal Iran yang sangat terkenal, Qasem Soleimani, diduga telah mengunjungi lingkungan timur kota Aleppo setelah kota tersebut jatuh ke tangan pasukan rezim Nushairiyah pimpinan Bashar Asad, menurut laporan sebuah media pro-rezim.

Soleimani, kepala Pasukan Quds, Garda Revolusi Iran, unit yang bertanggung jawab atas operasi militer luar negeri Iran dari Irak hingga Libanon, muncul di Aleppo dan melakukan tur bersama kolonel Suriah Iyad Salloum, lansir The New Arab pada Sabtu (17/12/2016).

Salloum juga diduga menjadi komandan lapangan tentara rezim Asad yang memimpin operasi di sepanjang benteng kuno Aleppo. Khat Tamas, media pro-rezim mempublikasikan foto jenderal Iran tersebut dan dikatakan bahwa itu diambil saat kunjungan ke benteng kuno.

Ini adalah kedua kalinya Soleimani muncul di kota Aleppo.

Pada 4 Desember lalu, milisi Syiah Irak yang mendukung rezim Asad mempublikasikan video yang memperlihatkan sang komandan mengunjungi garis depan Aleppo.

Kunjungan Soleimani kali ini dilakukan setelah kesepakatan untuk mengevakuasi massal warga Aleppo setelah pengepungan selama empat bulan oleh pasukan rezim Asad yang didukung Iran dan Rusia.

Milisi Syiah yang dikomandoi oleh Soleimani diduga menghalangi evakuasi sebelumnya. Milisi mencegat salah satu konvoy warga Aleppo dan melancarkan serangan yang meninggalkan beberapa warga sipil tewas. (haninmazaya/arrahmah.com)

Topik: , , ,