KIRKUK (Arrahmah.com) – Serangan kejutan oleh ISIS di kota Kirkuk, Irak, telah berakhir. Tentara Irak telah berhasil mengalahkan para militan ISIS, kata gubernur provinsi.

Tentara Irak telah menewaskan 74 anggota ISIS dalam serangan balasan, dan pemerintah Irak telah kembali mendapatkan kontrol penuh atas kota itu.

“Serangan itu telah berakhir dan kehidupan telah kembali normal,” Najmeddin Karim, gubernur provinsi Kirkuk, mengatakan kepada AFP.

“Pasukan keamanan telah menewaskan lebih dari 74 anggota ISIS dan menahan beberapa anggota lain, termasuk pemimpin mereka,” tambahnya.

Karim mengkonfirmasi bahwa sekitar 100 anggota ISIS menyerang Kirkuk pada Jumat pagi, beberapa sel-sel tidur mereka telah bergabung dengan militan ISIS dan menyusup ke dalam kota.

Beberapa penyerang juga diyakini telah melarikan diri dari kota Kirkuk pada Sabtu, kemudian bentrok dengan pasukan keamanan di daerah pedesaan timur dari kota Kirkuk.

Serangan kejutan ISIS itu telah menewaskan sedikitnya 46 orang, yang sebagian besar merupakan anggota pasukan keamanan Irak.

Serangan tersebut tampaknya merupakan upaya ISIS untuk mengalihkan perhatian dari Mosul.

Serangan kejutan ISIS lainnya juga terjadi di provinsi Anbar, yang telah diluncurkan dalam beberapa hari terakhir, untuk meringankan para militan ISIS yang bersembunyi di Mosul.

Milisi Kurdi dan militer Irak telah melancarkan serangan besar-besaran untuk merebut kembali kota Mosul dari tangan ISIS. (fath/arrahmah.com)

Topik: , , , ,