Berita Dunia Islam Terdepan

Mengenal rahasia Makanan (1)

5

(Arrahmah.com) – Bulan Ramadhan ini biasanya masyarakat lebih perhatian terhadap makanan dan minuman, memilih-milih menu yang tepat untuk sahur dan berbuka. Maka alangkah baiknya bila kita mengetahui makanan yang bermanfaat bagi tubuh.

Berikut ini ada rahasia makanan dari beberapa jenis dari sekian banyak jenis yang telah Allah Subhanahu wa Ta’ala ciptakan.

Buah delima

buah delima

Penelitian modern menunjukkan bahwa buah delima berguna bagi banyak penyakit. Penelitian lainnya yang dilakukan oleh para ilmuwan Amerika dan Eropa telah mengungkap manfaat-manfaat delima untuk wanita hamil. Buah delima sangat kaya akan antioksidan, juga kaya akan vitamin dan mineral yang mudah diserap.

Para peneliti berpendapat bahwa makan delima dengan makan satu delima tiap hari dan dalam jangka satu bulan misalnya atau lebih berguna untuk pengobatan anemia, radang sendi dan rematik. Di samping juga manfaat-manfaat yang sampai ke jantung dan pembuluh darah. Buah ini sangat penting dikonsumsi untuk anak kecil, wanita menyusui, orang tua dan anak-anak.

Mungkin kita memahami kenapa Allah menyebutkan buah ini dalam al-Qur’an, yaitu dalam firman-Nya, “Di dalam keduanya ada (macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-Rahmân: 68-69).

Buah dan Daging

meat-fruit-dinner

Orang yang merenungi ayat-ayat al-Qur’an ketika berbicara tantang makanan penduduk Surga, maka ia mencatat bahwa Allah pertama-tama menyebut buah-buahan terlebih dahulu setelah itu baru menyebut daging. Hal tersebut terdapt hikmah medis yang sangat besar.

Buah-buahan mengandung gula rendah serta mudah diserap dan dicerna, yang merupakan sumber utama energi di dalam tubuh. Sehingga dengan demikian bisa menghilangkan lapar. Sedangkan jika seseorang mulai dengan makan daging, maka tubuhnya perlu tiga jam untuk menyelesaikan proses pencernaan.

Di sinilah terlihat hikmah dari hal itu. Allah berfirman, “dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.” (Q.S al-Wâqi’ah: 20-21) Karena itu, realitas ilmiah ini harus kita ingat dan kita terapkan saat kita berbuka di bulan Puasa.

Buah Tin

buah tin

Penelitian medis telah menunjukkan manfaat yang banyak dari buah tin. Buah ini mengandung disinfektan bagi bakteri dan mengurangi kolesterol. Buah tin mengandung gula dengan proporsi yang tinggi yang membuatnya menjadi sumber energi.

Dalam beberapa penelitian kami menemukan bahwa mengkonsumsi biji-biji buah tin setiap hari bisa melindungi dari penyakit kanker. Ia juga punya manfaat yang besar dalam mengatur kerja usus, di samping juga mencegah dan mengobati penyakit wasir. Yaitu dengan memakan biji-biji buah tin serta merebus daunnya lalu merendam daerah yang terkena penyakit, dan manfaat-manfaat medis lainnya.

Karena itulah Allah menyebutkannya dalam al-Qur’an dan bahkan Dia bersupmah dengannya, seperti firman-Nya yang berbunyi, “Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,” (Q.S At-Tîn: 1) Sebuah penemuan penting menunjukkan bahwa buah tin sangat berguna untuk awet muda!

(siraaj/kaheel7.com/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...