Mau Gaul Sehat? Yuk, Taat Syariat

112

Oleh: Yuyun Suminah

Komunitas Karimah (Kajian Remaja Muslimah Cikampek)

(Arrahmah.com) – Siapa sih yang nggak mau sehat? Pasti setiap orang mendambakan kondisi tersebut. Suatu Kondisi yang terbebas dari segala jenis keluhan suatu penyakit, baik fisik, mental maupun sosial.

Sehat disini tak hanya fisik ya gaes, alias badan saja tapi cara bergaul kita pun harus sehat. Emang ada gaul tidak sehat? Ada. Buktinya gaul bebas, seperti pacaran, maraknya hamil diluar nikah (zina), LGBT, narkoba, tawuran, dan kenakalan dikalangan remaja lainnya. Itu gaul yang tidak sehat.

Seperti kasus yang terjadi di Garut yang bikin nyesek dada. Kasus belasan anak di bawah umur asal Kampung Cipeuteuy, Kelurahan Margawati, mereka mengalami ketagihan seks tak lazim. Mereka melakukan adegan syur layaknya penyuka sesama jenis setelah menonton video porno. (Viva.co.id)

Kejadian serupa bukan terjadi sekali itu saja tapi berulang kali, masih banyak kasus-kasus gaul tidak sehat yang dilakukan oleh para remaja yang belum banyak terekpos oleh media.

Gaul Ala Islam

Sobat, Islam tak sekedar agama yang mengatur hubungan manusia dengan Sang Pencipta (Ibadah), tapi Islam juga agama yang mengatur sesama manusia yaitu bergaul. So, Islam punya aturan main dalam bergaul.

Dijamin kita akan menjadi remaja yang tak hanya gaul tapi sehat karena kita taat terhadap syariat yaitu aturan yang sudah Allah tetapkan. Yang terbebas dari dampak gaul bebas yang mengakibatkan fisik, mental dan sosial kita menjadi tak sehat. Seperti apa ya gaul sehat Ala Islam:

1. Menutup Aurat

Buat kita sebagai remaja muslimah Allah mewajibkan bin kudu tahu gaul sehat itu seperti apa diantaranya menutup aurat. Gaes, Islam itu agama yg lengkap mengatur cara berpenampilan kita, pakaian gaul yang melindungi kita dari mata-mata liar dengan standar syariat Islam.

Diantaranya memakai jilbab. “Hai, Nabi perintahkanlah kepada isteri-isterimu, anak-anakmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

dan khimar “Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka ….” (TQS. An-Nuur: 31)

So, perintah tersebut sudah paten Allah tetapkan tidak bisa ditawar-tawar ya.

2. Memalingkan Pandangan

Ini adalah perintah dari Allah Ta’ala kepada hamba-hambaNya yang beriman untuk menjaga (menahan) pandangan mereka dari hal-hal yang diharamkan atas mereka. Maka janganlah memandang kecuali memandang kepada hal-hal yang diperbolehkan untuk dipandang. Dan tahanlah pandanganmu dari hal-hal yang diharamkan.” (Tafsir Ibnu Katsir, 6/41).

Dari mata turun ke hati. Kata tersebut sering kita dengar, menggambarkan betapa pandangan mata bisa mempengaruhi hati. Karena mata adalah sarana menyampai informasi jika seseorang telah mengumbar pandangannya berarti dia telah mengumbar syahwatnya.

Dalam bergaul penting sekali kita menjaga pandangan. Menjaga pandangan dengan lawan jenis, membatasinya dengan syariat.

3. Menuntut Ilmu

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (HR. Ibnu Majah). Menuntut ilmu terutama ilmu agama hukumnya wajib bagi laki-laki dan perempuan.

Menuntut ilmu dari sejak dini mulai dari buaian sampai ke liang lahat, sampai ruh keluar dari kandung badan. Kematian.
Kematianlah yang mengcukupkan kita untuk menuntut ilmu.

Mumpung Allah memberikan kita kesempatan yaitu umur panjang, yuk nyaji, yuk nuntut ilmu jangan tunggu tapi apalagi nunggu nanti.

Karena umur kita tidak ada yang tahu sampai dibatas mana.

Yuk, taat syariat sebagai bukti ketundukan kita kepada Hukum Allah selain itu sebagai penjagaan dari gaul tak sehat. Mau gaul sehat? Yuk, taat Syariat. Wallahu Alam.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.