ALEPPO (Arrahmah.com) – Yayasan Media Al-Manarah al-Baidha’, sayap media mujahidin Jabhah Nushrah, pada akhir Syawwal 1434 H / pekan kedua September 2013 M merilis video dokumenter aktivitas i’dad, jihad dan ribath mujahidin Jabhah Nushrah di provinsi Homs. Video berdurasi 32 menit 10 detik itu diberi nama Tekad Baja Para Ksatria: Sebagian Operasi Mujahidin di Kota Homs dan Pinggiran Homs.

Video ini sangat istimewa mengingat hanya segelintir kelompok jihad Islam yang bertahan di provinsi Homs dan pinggiran Homs yang telah dikepung dan dibombardir massif oleh pasukan Nushairiyah Suriah dan milisi Syiah Hizbu Lata Lebanon selama lebih dari satu tahun terakhir. Sebagian besar kesatuan mujahidin FSA telah ditarik keluar dari Homs dengan alasan keterbatasan senjata dan amunisi.

Sebagian besar kesatuan mujahidin yang bertahan dengan gigih menghadang gempuran massif belasan ribu pasukan Nushairiyah dan milisi syiah raksasa Syiah di Homs adalah rakyat muslim Homs sendiri. Kesatuan-kesatuan penduduk lokal muslim Homs dengan senjata dan amunisi seadanya menghadang gempuran pesawat tempur, tank, rudal dan artileri berat pasukan musuh.

Tidak heran apabila kegigihan mujahidin Jabhah Nushrah bertahan dan berjihad di provinsi Homs dan pinggiran Homs mendapat sambutan sangat hangat dari penduduk muslim setempat. Jabhah Nushrah mendapatkan bumi yang subur untuk mengkader para mujahidin yang ulet, sabar, tangguh dan tegar berjihad demi menegakkan syariat Allah. Homs telah disulap menjadi sumber pasokan tenaga-tenaga mujahidin yang bermental baja bagi Jabhah Nushrah.

Homs, kamp pelatihan militer Jabhah Nushrah 

Video Tekad Baja Para Ksatria: Kota Homs dan Pinggiran Homs mendokumentasikan perekrutan dan pelatihan militer bagi puluhan pemuda Homs oleh Jabhah Nushrah. Puing-puing bangunan yang telah porak poranda oleh serangan massif mesin perang justru menjadi lahan pelatihan militer yang “mengasyikkan” bagi puluhan pemuda Homs yang bergabung dengan Jabhah Nushrah. 

Di kamp-kamp pelatihan Jabhah Nushrah inilah para pemuda Homs dan pinggiran Homs mendapatkan pelatihan militer “berkelas” seperti:

  1. Latihan penyerbuan posko militer, markas militer dan gedung-gedung bertingkat.
  2. Latihan bela diri dan ketangkasan fisik.
  3. Latihan penggunaan senjata ringan, menengah dan berat.

Jabhah Nushrah merebut desa Karam Syamsam

Video Tekad Baja Para Ksatria: Kota Homs dan Pinggiran Homs juga mendokumentasikan serangan mujahidin Jabhah Nushrah terhadap desa Nushairiyah, Karam Syamsam, yang menjadi salah satu basis terkuat pasukan Nushairiyah Suriah, milisi Syiah Hizbul Lata Lebanon dan milisi Syiah Shabihah di kota Homs.

Melalui perencanaan yang matang, penyerbuan yang sangat berani dan pertempuran sengit, mujahidin Jabhah Nushrah berhasil membebaskan sepenuhnya desa Karam Syamsam dari cengkeraman pasukan Nushairiyah dan milisi Syiah Hizbul Lata. Di tembok-tembok rumah penduduk, mujahidin menemukan tulisan pasukan Nushairiyah dan milisi Syiah Hizbul Lata yang meminta pertolongan kepada “Husain bin Ali” dari kekalahan yang mereka derita.

Jabhah Nushrah merebut desa Qushur

Video Tekad Baja Para Ksatria: Kota Homs dan Pinggiran Homs juga mendokumentasikan serangan mujahidin Jabhah Nushrah terhadap desa Nushairiyah, Qushur. Mujahidin Jabhah Nushrah berhasil menghancurkan barikade-barikade yang dibuat oleh pasukan Nushairiyah Suriah di desa Qushur, kota Homs pada Jum’at (10/8/2013) dengan roket anti tank.

Serangan terhadap markas militer dan desa Mashrafah

Video Tekad Baja Para Ksatria: Kota Homs dan Pinggiran Homs juga mendokumentasikan serangan mujahidin Jabhah Nushrah terhadap markas Brigade Teknik pasukan rezim Nushairiyah Suriah dan desa Nushairiyah, Mashrafah di Homs dengan 20 roket pada Sabtu (24/8/2013) sampai Selasa (27/8/2013). Hal yang cukup unik, terkadang sebagian roket rakitan lokal Jabhah Nushrah tersebut mengalami kemacetan. Namun efektifitas serangan-serangan roket itu tak bisa diragukan lagi.

Dua serangan bom syahid

Video Tekad Baja Para Ksatria: Kota Homs dan Pinggiran Homs juga mendokumentasikan dua serangan bom syahid yang dilakukan mujahidin Jabhah Nushrah terhadap markas militer rezim Nushairiyah Suriah di kota Homs.

Jabhah Nushrah semakin mendapatkan tempat di hati kaum muslimin Suriah. Di mana ada penindasan dan kebiadaban rezim Nushairiyah Suriah, maka Jabhah Nushrah akan muncul melakukan pembelaan terhadap kaum muslimin. Ladang-ladang baru yang subur untuk persemaian jihad terus digarap oleh Jabhah Nushrah. Allahu akbar wal hamdulillah.

(Lihat dan download videonya: /video/video-idad-jihad-provinsi-homs.html)

(muhibalmajdi/arrahmah.com)

Topik: , , , , ,