Berita Dunia Islam Terdepan

Pejuang Islam | Pangeran Diponegoro (Bag. 2) . ◇ Pemicu Awal Perlawanan . Juni 1...

2

Support Us

Pejuang Islam | Pangeran Diponegoro (Bag. 2)
.
◇ Pemicu Awal Perlawanan
.
Juni 1825 Residen Smissaert, mematok jalan-jalan melewati Tegalrejo tanpa izin Pangeran. Juli 1825 Pangeran perintahkan mencabuti patok-patok tersebut. 20 Juli 1825 pecah konflik terbuka antara pengikut Diponegoro dan pasukan gabungan Jawa-Belanda.
.
◇ Perang Jihad
.
Bagi Diponegoro dan kaum muslimin, perang ini merupakan jihad melawan penjajah Belanda dan orang Jawa murtad. Perang yang dilakukan oleh Diponegero dan Belanda berlangsung terbuka dan sangat sengit.
.
◇ Kecamuk Peperangan
.
Serangan besar pribumi selalu berlangsung pada musim hujan, Jenderal Belanda akan berusaha untuk gencatan senjata saat itu. Malaria, disentri dan lainnya juga menjadi “musuh lain” bagi pasukan Belanda yang merenggut moral, fisik dan nyawa mereka. Pangeran Diponegoro dan pasukannya lihai berperang gerilya dan melancarkan penyergapan.
.
1827 Belanda menggunakan taktik benteng. 1829, Kyai Mojo, Pangeran Mangkubumi dan panglima Alibasah Sentot Prawirodirjo ditangkap Belanda. 28 Maret 1830, Jenderal De Kock berhasil menjepit pasukan Diponegoro di Magelang.
.
◇ Kelicikan Belanda
.
8 Maret 1830, Jenderal De Kock mengundang Diponegoro untuk berunding. Saat berunding Diponegoro ditangkap dan diasingkan ke Ungaran, terus dibawa ke Gedung Karesidenan Semarang, dan langsung ke Batavia menggunakan kapal Pollux pada 5 April. Lalu Diponegoro dibuang ke Manado, terus ke Makassar hingga wafatnya di benteng Rotterdam 8 Januari 1855. .
◇ Kerugian Perang
.
7 ribu serdadu pribumi Belanda dan 8 ribu tentara asli Belanda tewas. Biaya perang Belanda 25 juta gulden (2,2 miliar dollar AS). 200 ribu orang Jawa tewas, 1/3 penduduk pulau Jawa terpapar kerusakan perang, 1/4 lahan pertanian rusak.
.
Sumber: Wikipedia, Republika, Jejakislam
.
Follow @arrahmahcom | Berita Dunia Islam Terdepan
.
Raih amal shalih, share dan tag sahabat anda!
.
#pangerandiponegoro #islam #nusantara #pejuangislam #jawa #indonesia #penjajah #belanda

Source

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah