Berita Dunia Islam Terdepan

Tahukah Anda | Snouck Hurgronje: Agen Belanda Penipu Umat . Christiaan Snouck Hu...

3

Support Us

Tahukah Anda | Snouck Hurgronje: Agen Belanda Penipu Umat
.
Christiaan Snouck Hurgronje -lahir di Oosterhout 8 February 1857 mati di Leiden 26 Juni 1936- orang Belanda keturunan Yahudi, mahasiswa theologi di Universitas Leiden pada 1874, jadi profesor pada 1881. Hurgronje sengaja dikirim ke Aceh untuk mempelajari gerakan politik rakyat di Serambi Mekkah itu. Snouck tinggal di Aceh dari Juli 1891-1892.
.
Snouck Hurgronje Belajar Islam sampai ke Mekkah 1885, mula-mula ia tinggal di Jeddah bersama orang Pandeglang, Raden Haji Aboe Bakr Djajadiningrat. Di tahun yang sama, ia pun bersyahadat (pura-pura) di hadapan qadi (hakim) bernama Isma’il Agha, berikut dua orang saksi.
.
Laporan intelijen penting Snouck
Setelah menyamar dan menyusup Snouck menyimpulkan, Perlawanan di Aceh tidak benar-benar dipimpin oleh Sultan, seperti yang selalu dipikirkan Belanda, namun oleh ulama-ulama Islam.
.
Aksi militer
.
Tahun 1896, gubernur Hindia Belanda jenderal Joannes Benedictus Van Heutsz menunjuk Snouck menjadi penasihatnya. Dengan posisi tersebut, Snouck berhak menasihati pasukan tentara dan ikut ekspedisi-ekspedisi militer. Pemerintah Belanda kemudian meluncurkan kampanye “cari dan bunuh ulama Aceh.”
.
Pemikiran Snouck Hurgronje yang Terus Hidup
.
Snouck meninggalkan warisan busuk di kalangan umat Islam. Tak sedikit orang Islam menutup mata soal politik, dan hanya memusatkan diri pada ritual ibadah semata.
.
Akhir tahun 1800-an ada nasihat Snouck yang legendaris kepada penjajah Belanda: “Kalau sekedar ibadah ajaran Islam tak jadi soal. Tapi kalau sudah menyangkut urusan di luar itu, agama ini di bawa-bawa ke soal politik, maka harus diberangus.”
.
Lantas menuding sesama yang berikhtiar menuntut dan mempraktekan ilmu Islam dengan kaffah (sempurna) sebagai ekstrimis. Snouck berpendapat politik pecah-belah [devide et impera] justru akan lebih efektif untuk menaklukan Aceh.
.
Sumber: Wikipedia, Kumparan, Republika
.
Share dan tag sahabatmu!
.
Follow @arrahmahcom | Berita Dunia Islam Terdepan
.
#pengkhianat #islam #belanda #aceh #devideetimpere #snouckhurgronje #politikislam

Source

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah