Berita Dunia Islam Terdepan

Pejuang Islam | Dr. Abdullah Azzam (Bagian 2) . Saat Afghanistan diinvasi, Azzam...

2

Support Us

Pejuang Islam | Dr. Abdullah Azzam (Bagian 2)
.
Saat Afghanistan diinvasi, Azzam mengeluarkan fatwa yang didukung oleh Syaikh Bin Baaz, bahwa memerangi penjajah adalah Fardhu ‘Ain bagi semua Muslim.
.
● Di Pakistan dan Afghanistan | 1979 beliau berhenti dari Universitas King Abdul Azis di Jeddah. 1980 pindah ke Pakistan, dan mengajar di International Islamic University di Islamabad. Tak lama ia pindah ke Peshawar yang berbatasan dengan Afghanistan. Saat itu Afghanistan sudah jadi kancah Jihad setelah invasi Uni Soviet.
.
● Maktab Al-Khidmat | Di Peshawar ia mendirikan Kantor Pelayanan Mujahidin (Maktab Al-Khidmat) untuk menerima sukarelawan Muslimin dan mengatur kamp-kamp latihan militer di Afghanistan guna persiapan pertempuran Jihad di garis depan. Diperkirakan 16,000-35,000 Muslimin dari seluruh penjuru dunia datang tuk berjihad di Afghanistan, ribuan Muslimin lainnya mengikuti akademi militer. .
Dari sana ia mampu mengatur perlawanan langsung di perbatasan Afghanistan dan memasukkan para mujahid asing dan dukungan material ke Afghanistan timur untuk perlawanan terhadap Soviet.
.
Pada 1980-an, beliau melakukan perjalanan ke Timur Tengah, Eropa dan Amerika Utara, termasuk 50 kota di Amerika Serikat, untuk berkhutbah tentang jihad. Dia mengilhami kaum muda Muslim dengan kisah-kisah karamah mujahidin.
.
● Garis Depan | Abdullah Azzam bukanlah seorang yang hanya memberikan ceramah dan seruan dari atas mimbar saja, namun beliau terjun langsung dalam ganasnya medan peperangan dan menghabiskan waktu di parit-parit pertempuran, ia sering bergabung dengan Mujahidin Afghanistan dan unit Mujahidin internasional ketika mereka bertempur bahu-membahu melawan pasukan Beruang Merah Uni Soviet di Afghanistan.
.
Dia berusaha untuk menyatukan unsur-unsur perlawanan dengan menyelesaikan konflik antara komandan mujahidin dan dia menjadi tokoh inspirasional di antara mujahidin Afghanistan dan Muslim pejuang kemerdekaan di seluruh dunia karena keterikatannya yang kuat pada jihad melawan penjajahan asing.
.
(Bersambung)
.
Raih amal shalih, share dan tag sahabatmu!
.
Follow @arrahmahcom | Berita Dunia Islam Terdepa

Source

Iklan

Iklan

Iklan