Berita Dunia Islam Terdepan

Haji 1441 H: Foto rangkaian kegiatan Jama'ah Haji 1441 dihari pertama pelaksanaan Haji

Support Us

MAKKAH (Arrahmah.com) – Hari ini 29 Juli 2020 adalah hari pertama dari rangkaian manasik haji, manasik haji dimulai dari Hari Tarwiyah tanggal 8 Dzulhijjah dan akan selesai pada 13 Dzulhijjah.

Kegiatan Pertama: Jamaah Haji keluar dari hotel pada jam 07.00 pagi menuju tempat miqat Qarnul Manazil untuk mengambil niat haji Ifrad.

Kegiatan Kedua: Setelah selesai mengambil niat, jama’ah melanjutkan perjalanan menuju Masjidil Haram untuk pelaksanaan Tawaf Qudum.

Jama’ah Haji akan menginap di Mina untuk menjalani Tarwiyah dan akan bertolak ke Arafah pada pagi besok.

Inilah foto-foto rangkaian kegiatan jama’ah Haji dihari pertama pelaksanaan haji, 8 Dzulhijjah 1441 H.

Foto Keberangkatan Jamaah Menuju tempat Miqat Qarnul Manazil

Miqat Qornul Manazil 

Ini adalah salah satu Miqat yang telah ditetapkan oleh Rasulullaah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Miqat-miqat tersebut sudah ditentukan bagi penduduk masing-masing kota tersebut dan juga bagi orang lain yang hendak melewati kota-kota tadi padahal dia bukan penduduknya namun ia ingin menunaikan ibadah haji atau umrah. Barangsiapa yang kondisinya dalam daerah miqat tersebut, maka miqatnya dari mana pun dia memulainya. Sehingga penduduk Makkah, miqatnya juga dari Makkah.” (HR. Bukhari no. 1524 dan Muslim no. 1181)

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia menuturkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Berita Terkait

« يُهِلُّ أَهْلُ الْمَدِينَةِ مِنْ ذِى الْحُلَيْفَةِ وَأَهْلُ الشَّامِ مِنَ الْجُحْفَةِ وَأَهْلُ نَجْدٍ مِنْ قَرْنٍ ». قَالَ عَبْدُ اللَّهِ وَبَلَغَنِى أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « وَيُهِلُّ أَهْلُ الْيَمَنِ مِنْ يَلَمْلَمَ »

“Penduduk Madinah hendaknya memulai ihram dari Dzul Hulaifah, penduduk Syam dari Juhfah, dan penduduk Nejd dari Qarn (Qarnul Manazil).”

Foto Pelaksanaan Tawaf Qudum

 

Tawaf Qudum

Ada tiga jenis thawâf dalam ibadah haji, salah satunya adalah thawâf Qudûm.

Thawâf Qudûm memiliki enam sebutan atau nama, yaitu:

  1. Thawâf wurûd
  2. Thawâf tahiyyah
  3. Thawâf wârid
  4. Thawâf liqâ’
  5. Thawâf qâdim
  6. Thawâf awal ‘ahdi fil bait (thawâf awal waktu di Ka’bah).

Thawâf Qudûm adalah thawâf yang dilakukan oleh orang yang baru tiba di Mekah sebagai penghormatan terhadap Ka’bah dan disyari’atkan bagi orang yang datang dari luar Mekah sebagai penghormatan kepada Baitullah (Ka’bah).

Sehingga thawâf Qudûm ini dilakukan orang orang yang berhaji ifrâd dan qirân apabila telah berihram dari luar kita Mekah dan memasuki kota Mekah sebelum wukuf di Arafah.

(ukasyah/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.