BAGHDAD (Arrahmah.com) – Muslim di seluruh dunia merayakan liburan Idul Adha pada Senin (12/9/2016), salah satu dari dua perayaan penting dalam agama Islam.

Mengikuti kesediaan Nabi Ibrahim alaihissalaam untuk mengorbankan anaknya, Ismail alaihissalaam, untuk melaksanakan perintah Allah SWT, umat Islam di seluruh dunia menyembelih hewan seperti domba dan kambing. Setelah itu, daging dibagikan kepada keluarga dan teman-teman, juga disumbangkan untuk orang miskin.

Perayaan keagamaan ini bertepatan dengan ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi.

Warga Palestina berbondong-bondong ke masjid Al-Aqsa di Yerusalem untuk melaksanakan shalat Idul Adha.

Di Irak, pemerintah melakukan langkah-langkah keamanan selama perayaan Idul Adha, menggeledah jamaah yang ingin memasuki masjid Abdul Qadir al-Jailani di Baghdad.

Di Asia, puluhan ribu orang meninggalkan ibukota Bangladesh, Dhaka, dan naik kereta api dan kapal feri yang penuh sesak demi mengunjungi kampung halaman mereka untuk merayakan liburan Idul Adha bersama keluarga dan teman-teman, sementara di ibukota Indonesia, Jakarta, umat Islam menghadiri salat Idul Adha yang dilaksanakan pagi hari.

Idul Adha juga dirayakan di seluruh Afrika, negara-negara seperti Somalia dan Kenya menghadiri shalat berjamaah.

Di Rusia, ribuan umat Islam berkumpul untuk shalat di Moskow, sementara di Inggris, Perdana Menteri Theresa Mei merilis sebuah pesan video kepada komunitas Muslim di negara itu.

“Saya bangga dengan kontribusi yang telah Muslim Inggris lakukan untuk negara ini. Dan bangga bahwa Inggris adalah rumah bagi orang-orang dari latar belakang yang dinamis dan beragam,” katanya. (fath/arrahmah.com)

Topik: ,