Berita Dunia Islam Terdepan

Foto jama'ah Umrah perdana; Umrah dibuka kembali mulai hari ini

Support Us

MAKKAH (Arrahmah.com) – Alhmdulillah, Umrah tahap pertama secara resmi kembali dibuka mulai hari ini Sabtu (4 Oktober 2020). Kebijakan ini  telah diumumkan  Arab Saudi sejak Selasa (22/9/2020), Arab Saudi akan mulai mengizinkan jamaah untuk melakukan umrah secara bertahap, sambil mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan keputusan itu diambil setelah menilai perkembangan virus corona dan sebagai tanggapan atas keinginan umat Islam di seluruh dunia untuk melakukan ibadah umrah.

Tahap pertama dimulainya kembali umrah secara bertahap ini mencakup mengizinkan warga negara dan ekspatriat dari dalam Arab Saudi untuk melakukan umrah dengan kapasitas 30 persen mulai hari ini, 4 Oktober. Ini setara dengan 6.000 jamaah per hari dan dibagi dalam 6 waktu pelaksanaan umrah, setiap waktunya dibatasi  dalam 3 jam dengan total 1000 jama’ah, selanjutnya Masjidil Haram akan di sterilisasi dan dilanjutkan 1000 jamaah berikutnya.

Fase kedua akan meningkatkan menjadi 75 persen dari kapasitas Masjidil Haram, yang akan mencakup 15.000 jamaah umrah dan 40.000 jamaah shalat sehari mulai 18 Oktober.

Berita Terkait

Pada tahap ketiga, jamaah dari luar negeri akan diizinkan untuk melakukan umrah mulai 1 November dengan 100 persen dari kapasitas Masjidil Haram, 20.000 jamaah umrah dan 60.000 jamaah  shalat per hari.

Tahap keempat akan membuat Masjidil Haram kembali normal, ketika semua risiko COVID-19 telah hilang.

Jamaah yang akan berumrah diharuskan mendaftarkan diri terlebih dahulu  melalui aplikasi “I’tamarna” untuk mendapatkan izin pelaksanaan Umrah, tersedia dalam versi IOS dan Android.

(ukasyah/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah