Berita Dunia Islam Terdepan

Doa saat bertiup angin kencang atau angin ribut

810

(Arrahmah.com) –  Dari Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “لَا تَسُبُّوا الرِّيحَ، فَإِنَّهَا مِنْ رَوْحِ اللهِ، وَسَلُوا اللهَ خَيْرَهَا، وَخَيْرَ مَا فِيهَا، وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، وَتَعَوَّذُوا بِاللهِ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّ مَا فِيهَا، وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

“Janganlah kalian mencaci angin, sebab angin merupakan bagian dari rahmat Allah. Mintalah kepada Allah kebaikan angin, kebaikan yang terdapat dalam angin dan kebaikan dari tujuan dikirimnya angin. Dan berlindunglah kalian kepada Allah dari keburukan angin, keburukan yang terdapat dalam angin dan keburukan dari tujuan dikirimnya angin tersebut.” (HR. Ahmad no. 21139, Adh-Dhiya’ al-Maqdisi dalam Al-Ahadits al-Mukhtarah no. 1224, At-Tirmidzi no. 2252, Ibnu Suni dalam Amal al-Yaum wal Lailah no. 298 dan An-Nasai dalam Amal al-Yaum wal Lailah no. 934. At-Tirmidzi berkata: Hadits hasan shahih)

Rasululullah Shallallahu ‘alaihi wa salam mengajarkan kepada umatnya jika melihat angin yang kencang, angin rebut, angin taufan atau angin badai yang bisa membawa bencana untuk membaca doa perlindungan.

Dari Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu dari nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda: “Janganlah kalian mencaci angin. Jika kalian melihat dari angin itu sesuatu yang kalian tidak sukai (ancaman bahaya), maka bacalah doa:

اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ هَذِهِ الرِّيحِ، وَمِنْ خَيْرِ مَا فِيهَا، وَمِنْ خَيْرِ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذِهِ الرِّيحِ، وَمِنْ شَرِّ مَا فِيهَا، وَمِنْ شَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang terdapat dalam angin ini dan kebaikan dari tujuan dikirimnya angin ini. Dan sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang terdapat dalam angin ini dan keburukan dari tujuan dikirimnya angin ini.” (HR. Ahmad no. 21138, Adh-Dhiya’ al-Maqdisi dalam Al-Ahadits al-Mukhtarah no. 1223 dan An-Nasai dalam Amal al-Yaum wal Lailah no. 935)

Angin badai bisa menimbulkan kerugian jiwa dan materi yang sangat besar. Maka doa perlindungan ini sangat penting bagi keselamatan jiwa dan harta umat manusia. (muhibalmajdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...