Tak kunjung menepati janji, pemuda Tunisia kembali berunjuk rasa menentang pemerintah

0 116

TUNIS (Arrahmah.com) – Puluhan pemuda Tunisia pada Jumat (12/2/2021) memblokir jalan di wilayah Tataouine selatan yang lama termarjinalkan karena marah kepada pemerintah yang tidak menepati janji untuk menyediakan pekerjaan dan investasi.

Pada November tahun lalu, pemerintahan Perdana Menteri Hichem Mechichi berjanji untuk menciptakan ratusan pekerjaan dan dana untuk meluncurkan proyek-proyek ekonomi di Tataouine setelah pembicaraan dengan para pemimpin serikat dan pengunjuk rasa setelah blokade selama berbulan-bulan terhadap instalasi minyak, lansir Arab News (13/2).

Iklan

Tiga bulan kemudian, gerakan protes melancarkan demonstrasi lebih lanjut, dengan mengatakan tindakan konkret belum terwujud.

Pada Jumat, beberapa pengunjuk rasa membakar ban dan meneriakkan slogan sementara yang lain menutup bisnis dan institusi, mengambil bagian dalam demonstrasi, yang dikritik oleh beberapa warga, kata seorang koresponden AFP.

Pada Kamis, tentara turun tangan untuk menghentikan puluhan pengunjuk rasa mengakses situs produksi minyak El-Kamour dan memblokir saluran pipa, kata gerakan protes di halaman Facebook-nya.

Pipa tersebut membawa setengah dari minyak mentah yang diproduksi oleh sektor minyak sederhana Tunisia dan telah diblokir beberapa kali, terutama pada 2017 oleh aksi duduk yang berubah menjadi bentrokan dengan pasukan keamanan.

Tataouine telah mengalami lebih dari 30 persen pengangguran, salah satu tingkat pengangguran tertinggi di negara ini, sementara kemiskinan sekitar 17,8 persen.

Pandemi virus corona telah memusnahkan ribuan pekerjaan informal dan mencekik jaringan perdagangan lintas batas ilegal dengan Libya dan Aljazair yang memberikan penghasilan penting bagi banyak rumah tangga di kawasan itu.

Protes terbaru datang saat Mechichi berselisih dengan Presiden Kais Saied atas usulan perombakan Kabinet. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya