Ayesha Aziz, Pilot Wanita Muslim Termuda di India

0 172

NEW DELHI (Arrahmah.com) – India kembali memperkenalkan salah satu pilot wanita berbakat. Namanya Ayesha Aziz. Ia disebut-sebut sebagai pilot wanita Muslim termuda di India, atau mungkin juga di dunia.

Dilansir dari Hindustan Times (4/2/2021), Ayesha (25) berasal dari Kashmir, India. Ia jadi sumber inspirasi banyak wanita, terutama di daerah asalnya yang berbatasan dengan China dan Pakistan.

Iklan

Ceritanya bermula pada 2011 saat Ayesha jadi siswa pilot termuda yang mendapat lisensi di usia 15 tahun. Ia juga menjalani pelatihan untuk menerbangkan jet MIG-29 di pangkalan udara Sokol Rusia di usia baru 16 tahun. Ayesha pun lulus dari Bombay Flying Club (BFC) dan memperoleh lisensi komersial pada 2017.

“Saya pikir wanita Kashmir melakukannya dengan sangat baik, terutama dalam pendidikan. Wanita di Kashmir lainnya sedang menyelesaikan gelar master atau doktor. Orang-orang di lembah melakukannya dengan baik,” ujar Ayesha.

Walau saat ini kurang tepat untuk bekerja sebagai pilot karena pandemi, ditambah lingkungan kerja yang cukup ketat dan dinamis, Ayesha mengaku senang menerima tantangan itu.

“Saya memilih bidang ini karena suka bepergian sejak usia yang masih sangat muda. Saya terpesona dengan sensasi saat terbang dan bisa bertemu banyak orang,” terangnya.

“Bekerja sebagai pilot cukup menantang karena tak seperti bekerja di balik meja dengan jam kerja mulai dari pukul 9 pagi–5 sore. Tak ada pola tetap dan saya harus selalu siap menghadapi tempat baru, beragam jenis cuaca dan bertemu orang-orang baru,” lanjutnya.

Menurut Ayesha, untuk jadi seorang pilot yang baik, kesiapan mental berperan krusial karena bertanggung jawab terhadap puluhan, bahkan ratusan nyawa dalam satu kali terbang.

“Saya sangat beruntung punya orangtua yang telah mendukung saya dalam segala hal. Tanpa mereka, saya tidak akan dapat mencapai posisi saya hari ini,” ucapnya.

“Saya akan terus mengembangkan diri, baik secara pribadi maupun profesi. Ayah saya adalah panutan terbesar saya sehingga saya jadi seperti sekarang dan di masa mendatang,” pungkasnya

India sendiri punya sejumlah pilot wanita yang berprestasi dan menarik perhatian dunia internasional. Pada bulan lalu, misalnya, tim pilot maskapai Air India yang semuanya wanita diharapkan mengukir sejarah dengan terbang di atas Kutub Utara.

Hal ini dilakukan dalam misi tim pilot perempuan pertama yang menempuh rute penerbangan terpanjang di dunia.

Berdasarkan laporan India Times, penerbangan yang dipimpin Kapten Zoya Agarwal itu berangkat dari San Francisco, AS, menuju Bengaluru, India. Penerbangan ini mengambil rute di atas Kutub Utara dan menempuh jarak 16 ribu kilometer (km).

Kapten Agarwal menyampaikan, dirinya sangat bangga memiliki tim wanita berpengalaman yang terdiri atas Kapten Thanmai Papagari, Akanksha Sonawane, dan Shivani Manhas. (Hanoum/Arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah