Alternatif Masjid Babri mulai dibangun

0 301

NEW DELHI (Arrahmah.com) – Upacara peletakan batu pertama Masjid Babri alternatif dilakukan pada Selasa (26/1/2021) di negara bagian Ayodhya, India utara.

Upacara pengibaran bendera dan kegiatan penanaman pohon diadakan untuk menandai dimulainya pembangunan secara resmi. Indo-Islamic Cultural Foundation Trust akan mengawasi proyek yang telah menarik emosi campur aduk di antara Muslim India.

Iklan

Perselisihan berdarah selama beberapa dekade terjadi setelah Masjid Babri abad ke-16 di negara bagian Uttar Pradesh yang dirobohkan oleh kelompok garis keras Hindu pada tahun 1992. Ekstrimis Hindu mengklaim bahwa situs tersebut adalah tempat kelahiran salah satu dewa mereka, Dewa Ram.

Pada November 2019, pengadilan tinggi India memutuskan bahwa sebuah kuil dapat dibangun di situs tersebut, dan memerintahkan penjatahan sebidang tanah terpisah untuk pembangunan masjid lain sebagai pengganti Masjid Babri.

“Proses pembangunan secara resmi dimulai hari ini (26/1) di Hari Republik. Pengujian tanah juga dilakukan di lokasi tersebut,” Athar Hussain, sekretaris perwalian, mengatakan kepada Anadolu. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya