Gunung Semeru meletus, keluarkan awan panas

0 158

LUMAJANG (Arrahmah.com) – Bencana alam kembali menyapa Indonesia, setelah banjir di Kalimantan dan gempa di Sulawesi, kini Gunung Semeru dikabarkan meletus, Sabtu (16/1/2021), pukul 17.48 WIB.

Gunung yang berlokasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini meluncurkan awan panas dengan jarak luncur sekitar 4,5 kilometer (km).

Iklan

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, sampai saat ini, Gunung Semeru masih mengeluarkan awan panas. Titik awan panas ini terutama di sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan.

“Sore ini, jam 17.24 Gunung Semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4.5 kilo. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam cuitan di akun Twitter-nya seperti dilansir inews Jatim.

Terkait Gunung Semeru yang meletus ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui keterangannya menyatakan bahwa Gunung Semeru erupsi mengeluarkan awan panas dengan jarak luncur kurang lebih 4,5 kilometer.

“Menurut laporan pengamatan visual sementara, terlihat asap meluncur ke arah tenggara yang diduga dari dari kawah Jonggring Kaloko berwarna kelabu pekat dalam volume yang besar. Sedangkan untuk hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke utara, menyesuaikan arah angin,” tulis pernyataan BNPB.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya