Setelah Hampir 2 Bulan Krisis Internal, Ahrar Syam Angkat Pemimpin Baru

0 383

IDLIB (Arrahmah.com) – Kelompok perlawanan Suriah Ahrar Syam telah menyetujui mengangkat Sheikh Abu Obaydah Qatna sebagai pemimpin baru gerakan tersebut, mengganti Jaber Ali Pasha.

Dilansir Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) pada Sabtu (9/1/2021), pemimpin baru Ahrar Syam sebelumnya merupakan komandan di wilayah Jendires yang tergabung dalam kamar operasi Olive Branch. Dia juga pernah terjun di wilayah Rif Dimashq dan menjadi pemimpin Ahrar Syam di kota Daraa.

Iklan

Abu Obaydah dipercaya sayap militer dan tim restrukturisasi gerakan pasca kisruh internal di tubuh Ahrar Syam antara Jaber Ali Pasha dan Hassan Soufan yang terjadi sejak Oktober 2020.

Ketegangan memuncak pada 1 November lalu. Sayap militer gerakan membelot dari kepemimpinan sah Jaber Ali Pasha dan mengangkat pemimpin baru versi mereka, Hassan Soufan.

Soufan sendiri membenarkan kejadian tersebut dan beralasan bahwa hal itu terjadi karena kelumpuhan dan kegagalan Ahrar Syam dalam beberapa tahun terakhir.

Sayap militer Ahrar Syam terdiri dari 200 anggota, yang sebagian besar beroperasi di pedesaan Latakia dan dekat HTS. (Hanoum/Arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah