Azerbaijan bantah laporan Turki membangun 3 pangkalan militer di wilayahnya

0 234

BAKU (Arrahmah.com) – Azerbaijan secara resmi membantah laporan bahwa Turki akan membangun tiga pangkalan udara di wilayahnya.

“Informasi yang dilaporkan tidak benar,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Azerbaijan Vagif Dargyakhly, lansir Sputnik (9/1/2021).

Iklan

Dargyakhly menekankan bahwa Azerbaijan memegang jabatan presiden bergilir Gerakan Non-Blok dari 2019 hingga 2022 dan tidak menerima pasukan asing.

Sebelumnya, beberapa media Turki memberitakan bahwa Ankara berencana mendirikan pangkalan militernya di Ganja, Lankaran dan Gebele. Turki belum secara resmi mengonfirmasi klaim tersebut.

Azerbaijan dan Armenia terlibat dalam babak lain pertempuran di wilayah Nagorno-Karabakh di Kaukasus Selatan antara September dan November tahun lalu. Kedua belah pihak saling menuduh menggunakan bantuan asing selama perang. Terlepas dari kenyataan bahwa Turki secara terbuka mendukung Azerbaijan, Baku menolak laporan bahwa Ankara mengirim tentara bayaran ke Karabakh untuk berperang melawan Armenia.

Konfrontasi militer berakhir setelah Rusia mengatur gencatan senjata, yang membuat Azerbaijan mendapatkan kembali kendali atas wilayah yang hilang dalam perang 1992-1994. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah