"Israel" terbangkan pesawat pertama ke Maroko

0 94

TEL AVIV (Arrahmah.com) – Penerbangan komersial langsung pertama dari “Israel” ke Maroko lepas landas dari Bandara Ben Gurion Tel Aviv pagi ini (22/12/2020) dengan menantu dan penasihat Presiden AS Donald Trump Jared Kushner di pesawat.

Penerbangan El Al dihiasi dengan bendera Maroko dan “Israel” dan kata “perdamaian” dalam bahasa Ibrani, Arab dan Inggris, menurut Perusahaan Penyiaran “Israel”.

Iklan

Kepala Staf Keamanan Nasional “Israel” Meir Ben Shabbat juga berada di dalam penerbangan tersebut.

Menurut media lokal, delegasi Zionis akan menandatangani serangkaian perjanjian bilateral selama kunjungan tersebut.

Kemarin (21/12) Perdana Menteri “Israel” Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa Ben Shabbat akan bertemu dengan Raja Maroko Mohammed VI selama kunjungan tersebut.

Maroko menjadi negara Arab keempat yang menormalisasi hubungan dengan “Israel” sejak Agustus setelah Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Sudan. Rabat menerima kesepakatan itu setelah Trump setuju untuk mengakui kedaulatan Maroko atas Sahara Barat, di mana telah terjadi perselisihan teritorial puluhan tahun dengan Maroko yang diadu melawan Front Polisario yang didukung Aljazair, sebuah gerakan memisahkan diri yang berupaya mendirikan negara merdeka di wilayah tersebut.

Kesepakatan normalisasi telah menuai kecaman luas dari warga Palestina, yang mengatakan kesepakatan itu mengabaikan hak-hak mereka dan tidak melayani kepentingan Palestina. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya