AS pulihkan kekebalan kedaulatan Sudan

0 99

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Kongres Amerika Serikat telah mengesahkan RUU yang mencakup sebagian besar pemulihan kekebalan hukum Sudan, beberapa hari setelah negara itu secara resmi dihapus dari daftar negara yang mensponsori terorisme (SST).

Namun, undang-undang, yang disahkan pada Senin (21/12/2020), memang termasuk pengecualian yang memungkinkan tuntutan hukum yang diajukan oleh keluarga korban serangan 11 September yang sudah berlangsung di pengadilan AS untuk melanjutkan langkah hukum mereka.

Iklan

Penunjukan negara sponsor terorisme, yang telah berlangsung selama hampir tiga dekade, telah membebani ekonomi Sudan dan membatasi kemampuannya untuk menerima bantuan. Bagi investor, pemulihan kekebalan kedaulatan ini menghilangkan lapisan resiko keuangan lainnya.

Sudan telah terlibat dalam pembicaraan dengan AS selama berbulan-bulan, dan membayar penyelesaian $ 335 juta yang dinegosiasikan kepada para korban serangan al-Qaeda di kedutaan AS di Afrika Timur pada tahun 1998 yang telah diberikan ganti rugi yang jauh lebih tinggi oleh pengadilan AS.

Bagian Sudan dalam RUU besar-besaran termasuk paket stimulus virus korona yang disahkan termasuk $ 150 juta untuk warga yang dinaturalisasi dalam pemboman kedutaan AS.

Ini juga termasuk $ 700 juta dalam bantuan ekonomi untuk Sudan, dengan $ 600 juta untuk program pemerintah yang didukung oleh Bank Dunia yang dikenal sebagai Program Dukungan Keluarga dan $ 100 juta untuk USAID untuk bantuan kemanusiaan di negara tersebut.

Sementara itu, $ 120 juta lainnya telah disisihkan untuk merestrukturisasi utang Sudan dan $ 110 juta untuk keringanan utang. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah