Kembangkan sayap diplomasinya di Asia, "Israel" bangun relasi dengan Bhutan

0 121

TEL AVIV (Arrahmah.com) – “Israel” menjalin hubungan diplomatik pada Sabtu (12/12/2020) dengan Bhutan, negara mayoritas Buddha yang bertetangga dengan India, kata kementerian luar negeri “Israel”.

Hubungan baru Zionis dengan negara Himalaya yang relatif terisolasi ini tampaknya tidak terkait dengan hubungan yang berkembang di bawah perjanjian yang disponsori AS dengan negara-negara Arab di Timur Tengah dan Afrika.

Iklan

Perjanjian tersebut menyusul beberapa tahun kontak rahasia antara “Israel” dan Bhutan dengan tujuan membangun hubungan, kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan.

Lingkaran pengakuan “Israel” sebagai sebuah negara dibanding penjajah ini tumbuh dan berkembang.
“Pembentukan hubungan antara kami dan Kerajaan Bhutan akan menjadi tonggak sejarah lain dalam memperdalam hubungan “Israel” di Asia,” kata Menteri Luar Negeri “Israel” Gabi Ashkenazi.

Bhutan memiliki hubungan diplomatik penuh dengan hanya 53 negara, kata kementerian luar negeri “Israel”.

Upacara penandatanganan diadakan antara duta besar “Israel” dan Bhutan untuk India pada Sabtu (12/12), kata kementerian luar negeri. Negara-negara sepakat untuk merumuskan rencana kerja bersama di bidang pengelolaan air, pertanian, perawatan kesehatan, dan bidang lainnya, tambahnya.

Perdana Menteri “Israel” Benjamin Netanyahu menyambut baik perjanjian tersebut, menambahkan: “Kami berhubungan dengan negara lain yang ingin bergabung dan menjalin hubungan dengan kami.”

Langkah itu dilakukan dua hari setelah “Israel” dan Maroko setuju untuk menormalisasi hubungan dalam kesepakatan yang ditengahi dengan bantuan AS, menjadikannya negara Arab keempat – setelah Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Sudan – yang mengesampingkan permusuhan dengan “Israel” dalam empat bulan terakhir. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya