Intelijen Inggris: Balas kartun Nabi, ISIS siapkan teror Natal

338

LONDON (Arrahmah.com) – Jelang Natal, Islamic State (ISIS) merancang serangan teror yang bakal dieksekusi di Inggris dan negara-negara Eropa sebagai balas dendam atas penerbitan kartun Nabi Muhammad di Prancis. Demikian diungkap mantan mata-mata agen rahasia Inggris MI6, Aimen Dean.

Aimen Dean, yang delapan tahun menyusup di Al Qaeda sebelum kedoknya terbongkar oleh kebocoran intelijen Amerika Serikat (AS), mengklaim plot serangan sedang dibuat di daerah-daerah yang dikuasai para jihadis di Suriah utara dan Libya. Misi mereka adalah meneror warga Eropa musim dingin ini.

Iklan

Dalam konferensi keamanan di London, sebagaimana dilansir Daily Mail UK (4/12/2020), Dean mengatakan, ISIS berencana mengirim militannya ke Barat melalui Turki dengan melintasi Mediterania dari Afrika Utara.

Mereka kemudian akan melakukan serangkaian serangan di Inggris, Prancis, dan Jerman saat pemerintah mencabut pembatasan virus corona menjelang Natal, kata Dean.

Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel merevisi tingkat ancaman teror menjadi tertinggi kedua yaitu severe (parah) setelah serangkaian serangan mengerikan di Prancis dan Austria, di mana simpatisan ISIS menewaskan empat orang dalam amuk senjata di Wina.

Sebelumnya di Prancis, guru sekolah Samuel Paty dipenggal bulan Oktober lalu karena menunjukkan kartun Nabi Muhammad dalam pelajaran tentang kebebasan berbicara.

Dua minggu kemudian tiga orang warga Nasrani tewas dalam penikaman massal oleh imigran Tunisia di Nice. (hanoum/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya