Houtsi berhasil merebut wilayah strategis di Marib

379

MARIB (Arrahmah.com) – Kelompok teroris Syiah Houtsi meraih kemajuan baru pada Kamis (3/12/2020) ketika pasukan mereka merebut puncak gunung strategis dan lembah terdekat di provinsi Marib.

Menurut media yang dijalankan oleh kelompok tersebut, dilaporkan bahwa pasukan Houtsi merebut wilayah Al-Nakhla yang terdiri dari lembah dan puncak gunung setelah pertempuran sengit dengan pasukan koalisi pimpinan Saudi dan pemerintah Yaman.

Iklan

Laporan dari garis depan menunjukkan bahwa pasukan Houtsi juga merebut sebagian wilayah Al-Suheil dan semakin mendekati gerbang ibu kota administratif provinsi Marib, lansir AMN.

Laporan menambahkan bahwa pasukan Houtsi berhasil menimbulkan kerugian besar di dalam barisan pasukan pemerintah Yaman dan sekutu mereka dari koalisi pimpinan Saudi.

Sebagai hasil dari kemajuan hari ini, pasukan Houtsi telah berada di pinggiran barat laut kota Marib, yang merupakan ibu kota de-facto pemerintah Yaman di utara.

Jika pasukan pemerintah Yaman kehilangan Marib, itu akan menjadi kekalahan yang menghancurkan, karena ibu kota administratif berfungsi sebagai ibu kota teritorial dan ekonomi bagi pemerintahan Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Ladang minyak di Marib juga pasti akan jatuh ke tangan Houtsi jika ibu kota administratif berhasil direbut, dan bisa memperburuk keadaan pemerintah Yaman di dalam negeri. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah