Erdogan akan hadiri "upacara kemenangan" atas konflik Karabakh di Baku

325

BAKU (Arrahmah.com) – Media Rusia melaporkan pada Kamis (3/12/2020) bahwa Presiden Recep Tayyip Erdogan akan melakukan perjalanan ke Azerbaijan minggu depan dalam kunjungan resmi untuk menghadiri “upacara kemenangan” atas konflik Karabakh.

Pada Kamis, media Rusia RIA Novosti mengutip sumber diplomatik di Baku, mengonfirmasikan bahwa Erdogan akan menghadiri parade militer yang akan diadakan di ibu kota Azerbaijan pada 10 Desember dalam upacara “kemenangan dalam perang Karabakh.”

Iklan

Pasukan Azerbaijan, dengan dukungan intensif dari Turki, mampu mencapai kemajuan dan mendapatkan kembali kendali atas sebagian besar wilayah yang disengketakan.

Presiden Rusia Vladimir Putin, Azerbaijan Ilham Aliyev, dan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan menandatangani deklarasi tripartit pada malam 9 November untuk menghentikan pertempuran di Karabakh dan Azerbaijan mempertahankan kendali atas wilayah-wilayah yang direbutnya selama putaran terakhir pertempura,, dengan pengerahan pasukan penjaga perdamaian Rusia untuk mengawasi berlakunya gencatan senjata di wilayah tersebut.

Banyak orang di Azerbaijan melihat perjanjian ini sebagai “kemenangan dalam perang”, dan pemerintah mengumumkan “Hari Kemenangan”, yang akan dirayakan setiap tahun pada tanggal sepuluh November. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah