Pasukan keamanan Irak mulai ditempatkan di Sinjar

167

BAGHDAD (Arrahmah.com) – Pasukan keamanan Irak pada Selasa mulai melaksanakan rencana penempatannya di pusat distrik Sinjar di provinsi Niniwe utara.

“Rencana untuk mengerahkan pasukan keamanan di pusat Sinjar telah dilaksanakan oleh Pasukan Niniwe Barat di bawah Komando kami,” kata Komando Operasi Gabungan tentara Irak.

Iklan

Rencana tersebut bertujuan untuk meningkatkan stabilitas dan keamanan di daerah tersebut dan akan memungkinkan para pengungsi untuk kembali ke rumah mereka.

“Pasukan keamanan akan terus memberikan stabilitas di distrik Sinjar dan wilayah yang secara administratif bergantung,” kata militer Irak.

Kesepakatan Sinjar, ditandatangani di bawah naungan PBB pada Oktober antara pemerintah pusat di Baghdad dan Pemerintah Daerah Kurdi (KRG) tentang status wilayah tersebut, membayangkan pembersihan wilayah dari kelompok PKK.

Organisasi PKK berhasil membangun pijakan di Sinjar pada tahun 2014 dengan alasan melindungi komunitas lokal Ezidi dari ISIS.

Sekitar 450.000 Ezidis melarikan diri dari Sinjar setelah ISIS menguasai wilayah tersebut.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan UE – bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah