Presiden Azerbaijan mengunjungi wilayah Karabakh setelah mendeklarasikan kemenangan

843

KARABAKH (Arrahmah.com) – Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengunjungi sejumlah kota yang telah direbut oleh angkatan bersenjata negaranya di dekat zona pertempuran di Karabakh.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengunjungi kota Fizuli dan Jebrayil, yang sebelumnya berada di bawah kendali Tentara Pertahanan Artsakh di Karabakh selatan, lansir AMN (16/11/2020).

Iklan

Layanan pers Presiden Aliyev menyatakan bahwa “Presiden Republik Azerbaijan Ilham Aliyev dan Ibu Negara Mehriban Aliyeva mengunjungi wilayah Fizuli dan Jebrayil pada tanggal 16 November, yang dikendalikan oleh tentara Azerbaijan.”

Pada 9 November, Kremlin mengumumkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin, rekannya dari Azerbaijan Ilham Aliyev, dan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan menandatangani deklarasi bersama tentang gencatan senjata di Karabakh, yang berlaku pada hari berikutnya.

Deklarasi gencatan senjata menetapkan bahwa pasukan Armenia dan Azerbaijan menghentikan semua permusuhan, dan pasukan penjaga perdamaian Rusia akan dikerahkan di sepanjang garis kontak di Karabakh dan koridor yang menghubungkan tanah Armenia dan Karabakh.

Perjanjian tersebut juga mencakup pencabutan pembatasan pergerakan, transit dan pertukaran tahanan antara kedua pihak yang berkonflik, dan pemulangan para pengungsi ke Karabakh, di bawah naungan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah