Putin perintahkan Azerbaijan pelihara situs Kristen di Nagorno-Karabakh

389

MOSKOW (Arrahmah.com) – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada mitranya dari Azeri Ilham Aliyev pada hari Sabtu (14/11/2020) untuk menjaga tempat-tempat suci Kristen di beberapa bagian Nagorno-Karabakh yang diperoleh Azerbaijan berdasarkan perjanjian gencatan senjata minggu ini, kata Kremlin.

Rusia menjadi perantara gencatan senjata Selasa (10/11) yang mengamankan kemajuan teritorial Azerbaijan di sekitar wilayah etnis Armenia, tempat pasukan Azeri bertempur melawan pasukan etnis Armenia selama enam minggu terakhir.

Iklan

Putin mengatakan kepada Aliyev bahwa ada gereja dan biara Kristen di daerah kantong, yang secara internasional diakui sebagai bagian dari Azerbaijan tetapi dihuni oleh etnis Armenia, yang diperoleh Azerbaijan berdasarkan kesepakatan gencatan senjata.

“Dalam hal ini, dia (Putin) menggarisbawahi pentingnya mengamankan keselamatan dan kehidupan gereja yang normal dari tempat-tempat suci ini,” kata Kremlin.

Aliyev mengatakan begitulah Azerbaijan akan bertindak, menurut Kremlin.

Agama utama di Azerbaijan adalah Islam.

Putin, Aliyev, dan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan juga membahas “aspek praktis” dari gencatan senjata, kata Kremlin. Tidak jelas apakah Putin menelepon Aliyev dan kemudian menelepon Aliyev dan Pashinyan, atau apakah dia berbicara secara terpisah dengan pemimpin Armenia itu.

Berdasarkan perjanjian tersebut, 2.000 tentara penjaga perdamaian Rusia dikerahkan ke wilayah tersebut.

Sejak awal 1990-an, etnis Armenia telah memegang kendali militer atas seluruh Nagorno-Karabakh dan sebagian besar wilayah Azeri di sekitarnya. Mereka sekarang telah kehilangan sebagian besar daerah kantong itu sendiri serta wilayah sekitarnya. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah