Berita Dunia Islam Terdepan

Pangkalan strategis di Marib jatuh ke tangan Syiah Houtsi

523

Support Us

MARIB (Arrahmah.com) – Sekutu kelompok teroris Syiah Houtsi mengklaim telah merebut salah satu wilayah paling strategis di provinsi Marib, menyusul pengumuman jatuhnya kamp Mas dari milisi yang didukung Saudi.

Ini berarti bahwa garis pertahanan terakhir ke kota Marib berada di bawah kendali pasukan Syiah Houtsi yang berada di ambang pengamanan distrik Raghwan dan Midghal, tepat di barat laut ibu kota provinsi, benteng terakhir pejuang pro-pemerintah Hadi dan pro-koalisi.

Berita Terkait

Selama beberapa bulan terakhir, pasukan gabungan pemerintah lokal yang dipimpin Houtsi telah membuat kemajuan yang stabil menuju kota, terutama dari poros baratnya. Namun benteng tersebut sangat didukung oleh serangan udara koalisi pimpinan Saudi.

Menurut Al-Masdar (13/11/2020), ada spekulasi bahwa pasukan Houtsi akan berusaha mengulangi strategi pengepungan mereka saat mereka mengepung kota, mirip dengan bagaimana mereka merebut ibu kota provinsi tetangga Al-Hazm di Jizan awal tahun ini.

Hilangnya kota Marib dan ladang minyak provinsi itu dari tangan pemerintah Hadi dan pendukungnya Saudi, akan menjadi pukulan serius bagi upaya mereka dalam menggulingkan pemerintah saingannya yang berbasis di Sana’a. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.