Erekat, sang negosiator Palestina, meninggal gegara COVID-19

127

YERUSALEM (Arrahmah.com) – Saeb Erekat, salah satu advokat paling berpengalaman dan terkenal untuk perjuangan Palestina selama beberapa dekade perselisihan dengan “Israel”, meninggal pada hari Selasa (10/11/2020) setelah tertular COVID-19. Dia berusia 65 tahun.

Setelah duduk dengan para pemimpin “Israel” dan AS pada 1990-an dan 2000-an, dalam beberapa tahun terakhir Erekat adalah wajah utama perang kata-kata dengan pemerintahan Presiden Donald Trump atas rencana Timur Tengah yang membayangkan membiarkan “Israel” mengendalikan permukiman Yahudi dan sebagian besar wilayah Tepi Barat yang diduduki.

Iklan

Tetapi setelah pembicaraan damai gagal pada tahun 2014, dia tetap menjadi pendukung kuat dari negosiasi pembentukan negara Palestina di masa depan yang hidup berdampingan dengan “Israel”.

Erekat, sekretaris jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) mengatakan pada 8 Oktober bahwa dia telah tertular virus corona. Tiga tahun sebelumnya dia menjalani transplantasi paru-paru di Amerika Serikat yang membuat sistem kekebalannya terganggu.

Dia meninggal setelah beberapa kali gagal organ setelah dirawat di rumah sakit selama tiga minggu di Pusat Medis Hadassah Yerusalem, kata juru bicara rumah sakit “Israel”. Dia membutuhkan ventilasi dan perawatan obat khusus, tambahnya.

Pemakamannya diperkirakan akan diadakan pada hari Rabu di kota Jericho, Tepi Barat. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah