Berita Dunia Islam Terdepan

AS Hapus Status Teroris Kelompok Perlawanan Xinjiang

823

Support Us

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Amerika Serikat (AS) mengatakan tidak akan lagi menunjuk kelompok perlawanan muslim Uighur sebagai “organisasi teroris” padaJumat (6/11/2020).

Gerakan Islam Turkestan Timur (ETIM) atau lebih dikenal Turkestan Islamic Party (TIP) dihapus dari daftar teror Washington pasca Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengumumkan dalam pemberitahuan yang diposting di Daftar Federal.

“ETIM telah dihapus dari daftar karena selama lebih dari satu dekade tidak ada bukti yang dapat dipercaya bahwa ETIM terus ada,” kata seorang juru bicara Departemen Luar Negeri, sebagaimana dikutip dari DW (7/11).

Cina secara teratur menyalahkan kelompok TIP dan menggunakan alasan kelompok itu untuk membenarkan tindakan kerasnya di wilayah Xinjiang yang mayoritas Muslim.

Berita Terkait

Para ahli mengatakan bahwa Beijing hanya memberikan sedikit bukti bahwa TIP adalah kelompok yang terorganisir atau berada di balik serangan di wilayah terpencil.

Beijing mengeluarkan teguran keras atas keputusan Washington untuk menghapus TIP dari daftar terornya.

Juru bicara kementerian luar negeri Cina pada Jumat (6/11) mendesak AS untuk “berhenti mendukung kerja sama kontra-terorisme internasional” dan menyuarakan “ketidakpuasan dan penentangan atas keputusan AS”.

TIP pertama kali ditambahkan ke daftar teror AS pada tahun 2004, ketika mantan Presiden AS George W. Bush berusaha untuk menjadikan Cina sebagai sekutu dalam “perang melawan teror” yang dipimpin AS. (Hanoum/Arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.