Berita Dunia Islam Terdepan

Ratusan Pengungsi Al Hol Asal Suriah Kembali Dibebaskan Otoritas Kurdi

62

Support Us

ERBIL (Arrahmah.com) – Sekitar 289 pengungsi Kamp Al Hol telah tiba di rumah mereka di wilayah Deir Azzur, menyusul pengumuman AANES [pemerintahan otonom Kurdi] tentang amnesti umum untuk warga Suriah yang ditahan di kamp tersebut.

Keputusan AANES yang mengizinkan warga Suriah yang tinggal di Al Hol untuk meninggalkan kamp sejalan dengan janji mereka yang ingin mengurangi beban kamp dan memenuhi permintaan suku-suku Arab setempat.

Sejauh ini, sebagaimana dikutip dari Rojava Information Centre pada Rabu (14/10/2020), sekitar 4.000 warga Suriah telah kembali ke rumah melalui program sponsor suku.

Berita Terkait

Rencananya, AANES akan membebaskan lebih kurang 25.000 warga Suriah yang ada di kamp pengungsi Al Hol sebagai bentuk amnesti mereka.

Akan tetapi pembebasan ini tidak berlaku bagi pengungsi yang berkewarganegaraan lain selain Suriah.

Sekitar 50.000 pengungsi Al Hol yang berasal dari berbagai negara di dunia akan tetap ditahan meskipun AANES kesulitan dan tidak mampu menanggung beban orang sebanyak itu. AANES berharap adanya perhatian internasional atas kondisi pengungsi yang ada di kamp Al Hol dan Al Roj yang mereka kelola.

Sebab sekitar 30.000 warga Irak termasuk 20.000 anak-anak dan 10.000 warga negara asing termasuk 7.000 anak-anak, akan tetap di ditahan di kamp Al Hol dan kamp Al Roj. (Hanoum Arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah