Berita Dunia Islam Terdepan

Majelis Kashmir kutuk serangan Armenia terhadap Azerbaijan

289

Support Us

JAMMU (Arrahmah.com) – Kashmir mengutuk pasukan Armenia karena menyerang warga sipil Azerbaijan karena perselisihan Karabakh masih belum terselesaikan dan pertempuran terus berlanjut, Anadolu Agency melaporkan.

Majelis Legislatif Azad Kashmir pada Rabu mengeluarkan resolusi dengan suara bulat yang mengutuk agresi Armenia, dan menyatakan solidaritas dengan rakyat dan pemerintah Azerbaijan.

Surat dukungan dikirim secara terpisah ke duta besar Azerbaijan di Islamabad pada Kamis.

Pertempuran dimulai sebagai konsekuensi dari klaim yang salah oleh Armenia, katanya, dan berterima kasih kepada Baku karena telah mendukung warga Kashmir di Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan forum dunia lainnya.

Hubungan antara Azerbaijan dan Armenia telah tegang sejak 1991 ketika militer Armenia menduduki Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional.

Bentrokan baru meletus pada 27 September, dan sejak itu Armenia melanjutkan serangan terhadap warga sipil dan pasukan Azerbaijan. Ini terlepas dari gencatan senjata kemanusiaan yang ditengahi Moskow yang dicapai pekan lalu untuk pertukaran tahanan dan pengambilan jenazah.

OSCE Minsk Group – diketuai bersama oleh Perancis, Rusia, dan AS – dibentuk pada tahun 1992 untuk menemukan solusi damai untuk konflik tersebut, tetapi tidak berhasil. Gencatan senjata, bagaimanapun, disetujui pada tahun 1994.

Turki telah mendukung hak Baku untuk mempertahankan diri, dan menuntut penarikan pasukan pendudukan.

Sementara itu, resolusi tersebut juga mengkritik pasukan “Israel” karena melakukan kekejaman terhadap Palestina, dan menyatakan solidaritas dengan mereka yang hidup di bawah pendudukan.

India dan “Israel” adalah musuh bersama Muslim, dan negara-negara Muslim harus bekerja sama untuk menggagalkan tekanan AS dan “Israel” serta mendukung perjuangan Palestina dan Kashmir, kata resolusi itu.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah