Berita Dunia Islam Terdepan

Anadolu rilis video yang menunjukkan kamp kelompok teror PKK di Irak

493

Support Us

MOSUL (Arrahmah.com) – Rekaman yang ditayangkan kantor berita Anadolu menunjukkan kamp-kamp dan area aktivitas politik organisasi teror PKK yang telah aktif di distrik Sinjar, Mosul, Irak utara selama enam tahun dan terlibat dalam aktivitas militer dan politik.

Kesepakatan antara pemerintah Irak dan Pemerintah Daerah Kurdi (KRG) Irak pekan lalu yang akan mengakhiri kehadiran kelompok teror PKK di Sinjar dan sekitarnya, sekali lagi mempertanyakan keberadaan organisasi tersebut di wilayah tersebut.

Video yang menunjukkan kamp pelatihan, yang disebut majelis populer dan pos pemeriksaan kelompok itu, mengungkapkan keberadaan kelompok teror yang sedang berlangsung di wilayah tersebut.

Rekaman terbaru menunjukkan anggota dan simpatisan PKK memprotes kesepakatan Sinjar dengan membawa gambar teroris pemimpin PKK, Abdullah Ocalan.

Perdana Menteri Irak mengumumkan Jumat bahwa mereka mencapai “kesepakatan bersejarah” dengan KRG yang akan meningkatkan otoritas federal di Sinjar di bawah Konstitusi dalam pemerintahan dan keamanan.

PKK dan semua afiliasinya tidak akan mengambil peran di wilayah tersebut, menurut kesepakatan itu.

Juru bicara perdana menteri Ahmed Mulla Talal mengatakan akan mengakhiri kewenangan kelompok penyusup di Sinjar, merujuk pada kelompok teror PKK.

Kelompok teror PKK berhasil membangun pijakan di Sinjar pada tahun 2014 dengan dalih melindungi komunitas Yazidi setempat dari kelompok ISIS.

Sekitar 450.000 Yazidi melarikan diri dari Sinjar setelah ISIS menguasai wilayah tersebut.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK -yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS, dan UE- telah bertanggung jawab atas kematian hampir 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah