Berita Dunia Islam Terdepan

Terkait sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia, senat AS desak jatuhkan sanksi kepada Turki

461

Support Us

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Seorang senator Republik dan Demokrat AS pada Rabu (7/10/2020) meminta pemerintahan Presiden Donald Trump untuk menjatuhkan sanksi kepada Turki atas pembelian sistem pertahanan udara S-400 Rusia, setelah adanya laporan bahwa Turki mungkin merencanakan uji komprehensif.

James Lankford dari Partai Republik dan Chris Van Hollen dari Demokrat menulis kepada Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menanyakan tentang laporan itu dan mengatakan bahwa kegagalan Washington untuk bertindak lebih tegas tentang pembelian S-400 telah “memberanikan” pemerintah Turki, lansir Reuters.

Turki membeli sejumlah sistem rudal dari Rusia tahun lalu, yang menyebabkan penangguhan program jet tempur siluman F-35 AS dari Washington. Amerika Serikat mengatakan Turki mengambil risiko sanksi AS jika mereka menyebarkan S-400 buatan Rusia, tetapi belum memberlakukannya.

Departemen Luar Negeri belum mengeluarkan komentar apapun.

Bloomberg melaporkan pada Selasa (6/10) bahwa Turki berencana untuk melakukan tes komprehensif terhadap sistem pertahanan rudal S-400, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah