Berita Dunia Islam Terdepan

Rusia cemas Nagorno-Karabakh jadi tempat berkembang teroris

404

Support Us

MOSKOW (Arrahmah.com) – Kepala Badan Intelijen Luar Negeri SVR Rusia, Sergei Naryshkin, telah memperingatkan bahwa Nagorno-Karabakh berisiko menjadi landasan peluncuran bagi teroris yang dapat memasuki wilayah Rusia, kantor berita Interfax mengutipnya pada hari Selasa (6/10/2020).

Naryshkin mengatakan dia mengharapkan Armenia dan Azerbaijan kembali ke meja perundingan mengenai kawasan itu, tempat pertempuran telah meningkat ke tingkat paling mematikan sejak 1990-an.

Pertempuran yang meletus pada 27 September telah meningkatkan kekhawatiran bahwa konflik yang lebih luas dapat dipicu, menyeret Turki, yang telah menyatakan solidaritas dengan Azerbaijan, dan Rusia, yang memiliki pakta pertahanan dengan Armenia.

Azerbaijan dan Armenia saling menuduh memulai pertempuran – konflik terakhir yang berlangsung lama di Nagorno-Karabakh yang diawasi ketat di luar negeri sebagian karena kedekatannya dengan jaringan pipa yang membawa gas dan minyak Azeri ke Eropa.

Lebih dari 250 orang telah dilaporkan tewas – dan lebih banyak lagi yang diperkirakan tewas – dalam bentrokan yang terjadi dengan artileri, drone, dan tank. Kedua pihak bertikai juga telah memposting rekaman bangunan yang hancur dan terbakar, dan orang-orang berlindung selama pemboman hebat.

Azerbaijan mengatakan kota Azeri di luar Nagorno-Karabakh telah diserang, dan Armenia menuduh Azerbaijan menargetkan daerah padat penduduk. Keduanya membantah menargetkan warga sipil. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah