Berita Dunia Islam Terdepan

Komite Sentral Fatah setujui kesepakatan dengan Hamas

108

Support Us

TEPI BARAT (Arrahmah.com) – Selama pertemuan yang diadakan di Tepi Barat dan dipimpin oleh Presiden Mahmoud Abbas, Komite Sentral Fatah menyetujui kesepakatan yang dicapai dengan gerakan Hamas, Arab48.com melaporkan.

Komite Sentral mendengarkan laporan yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Fatah Jibril Rajoub, dan anggota senior Fatah Rawhi Fatouh dan Azzam Al-Ahmed.

Ketiga pemimpin tersebut melaporkan hasil pertemuan yang berlangsung di Istanbul, Doha, Kairo dan Amman, sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan tersebut diungkapkan, tanpa memberikan rincian tambahan tentang pertemuan di Kairo dan Amman.

Pada 24 September, Fatah dan Hamas mengakhiri pertemuan yang diadakan di kantor Konsulat Palestina di Istanbul, di mana mereka menegaskan bahwa mereka mencapai “visi bersama” untuk dialog nasional yang komprehensif yang akan segera diselenggarakan dalam kemitraan dengan semua faksi Palestina.

Komite Sentral Fatah menegaskan kembali bahwa: “Kemitraan nasional adalah pilihan strategis yang tidak dapat diubah,” menekankan pada pentingnya melibatkan semua komponen sistem politik Palestina dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) melalui pemilihan.

Komite Sentral memberi wewenang kepada Rajoub, Fatouh dan Al-Ahmed untuk mempersiapkan pemilihan agar Abbas mengeluarkan keputusan pemilihan secepat mungkin.

Pada 3 September, sekretaris jenderal dari faksi-faksi Palestina menyelesaikan konferensi setelah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri divisi internal Palestina dan melaksanakan pemilihan berdasarkan perwakilan proporsional penuh.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah