Berita Dunia Islam Terdepan

Walikota London tolak undangan konferensi Saudi

470

Support Us

LONDON (Arrahmah.com) – Walikota London Sadiq Khan bergabung dengan kota-kota besar termasuk New York dan Los Angeles dalam memboikot pertemuan puncak internasional yang diselenggarakan oleh Arab Saudi atas masalah hak asasi manusia.

Awalnya mengutip “komitmen catatan harian”, Khan mengatakan dia tidak akan bisa menghadiri KTT Urban 20 (U20) yang diadakan antara 30 September dan 2 Oktober, dan dilaporkan dia akan mengirim perwakilan ke KTT untuk menggantikannya.

Namun, setelah mendapat tekanan dari koalisi kelompok hak asasi manusia, dia mengaku akan menginstruksikan pejabatnya untuk tidak menghadiri acara tersebut untuk menghindari ambiguitas sikapnya terhadap hak asasi manusia di Arab Saudi.

Seorang juru bicara dari Balai Kota London mengatakan: “Tidak pernah niat walikota untuk menghadiri KTT U20 ini dan undangannya sebelumnya telah secara resmi ditolak. Tidak ada yang mewakilinya di puncak atau berbicara atas nama London. ”

“Praktik normal bagi seorang pejabat GLA untuk mengamati peristiwa multilateral seperti U20, yang mencakup masalah paling mendesak di zaman kita, termasuk pandemi Covid-19 dan darurat iklim – tidak ada yang dapat ditangani tanpa kerja sama internasional.”

“Namun, untuk menghindari implikasi bahwa status pengamat ini berarti dukungan untuk pemerintah Saudi, GLA, secara khusus, tidak akan menelepon untuk melihat sesi KTT U20 tahun ini.”

Ini terjadi setelah koalisi kelompok hak asasi manusia menulis surat dengan kata-kata yang mendesak Khan dan walikota lainnya untuk sepenuhnya memboikot acara tersebut.

Berita Terkait

Mereka menyebut Saudi sebagai “monarki absolut tanpa bentuk representasi demokratis yang berarti” sehingga tidak cocok untuk menyelenggarakan acara seperti U20.

Surat itu melanjutkan: “Pemerintah Saudi memiliki catatan panjang dalam membungkam suara-suara yang diperlukan untuk percakapan global yang bermakna mengenai tantangan besar yang kita hadapi secara kolektif.”

Ia melanjutkan dengan memberitahu para pemimpin terkemuka untuk secara terbuka menuntut Saudi mengambil langkah-langkah menuju “mengakhiri catatan pelanggaran hak asasi manusia, kebijakan luar negeri yang sembrono, dan perusakan lingkungan.”

Pada Selasa, Walikota Paris Anne Hidalgo bergabung dengan Walikota New York Bill de Blasio dan Walikota Los Angeles Eric Garcetti dalam memboikot U20, dengan alasan kepedulian terhadap hak-hak perempuan di Saudi.

Walikota Hidalgo secara khusus menyebut perlakuan dan penahanan aktivis hak-hak perempuan Loujain Al-Hathloul, yang telah dipenjara sejak Mei 2018, sebagai alasan dia tidak akan menghadiri KTT tersebut.

KTT U20 berakhir hari ini, peringatan dua tahun pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di konsulat kerajaan di Istanbul.

Badan intelijen di seluruh dunia termasuk CIA percaya Putra Mahkota Muhammad Bin Salman (MBS) memiliki andil dalam pembunuhan itu. Namun MBS membantahnya.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah