Berita Dunia Islam Terdepan

Azerbaijan bantah Turki kirim pejuang dari Suriah untuk mendukungnya

246

Support Us

BAKU (Arrahmah.com) – Turki belum mengirim pejuang dari Suriah ke Azerbaijan setelah negara itu menyatakan bahwa mereka dalam keadaan perang dengan Armenia, seorang ajudan Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, mengumumkan.

Interfax baru-baru ini mengutip Duta Besar Armenia untuk Rusia, Khikmet Gadzhiev, yang mengatakan bahwa Turki telah mengirim “sekitar 4.000 pejuang dari Suriah utara ke Azerbaijan untuk ambil bagian dalam pertempuran itu”.

“Rumor militan dari Suriah yang diduga dikirim kembali ke Azerbaijan adalah provokasi lain dari pihak Armenia dan omong kosong,” katanya.

Pada Ahad, Azerbaijan mengumumkan keadaan perang di beberapa kota dan wilayahnya menyusul serangan pasukan Armenia terhadap situs militer dan sipil selama akhir pekan.

Berita Terkait

Keputusan itu dibuat dalam pertemuan Majelis Nasional Azerbaijan, di mana ia memberlakukan tindakan parsial di wilayah perbatasannya yang dapat membatasi sementara beberapa hak dan kebebasan warga negara Azeri dan orang asing akibat konflik.

Hubungan antara kedua negara bekas Soviet itu sangat tegang sejak 1991, ketika Armenia menduduki wilayah Karabakh Atas, yang dikenal sebagai Nagorno Karabakh, meskipun itu adalah wilayah yang diakui secara internasional milik Azerbaijan.

Wilayah tersebut tetap diduduki oleh Armenia sejak saat itu, meskipun pendudukan terus-menerus didesak untuk mundur menyusul empat resolusi Dewan Keamanan PBB dan dua resolusi Majelis Umum PBB.

Kementerian Luar Negeri Turki juga mempertimbangkan bentrokan perbatasan yang diperbarui, berjanji dan memastikan dukungannya untuk Azerbaijan sambil mengutuk dugaan agresi Armenia.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah