Berita Dunia Islam Terdepan

Azerbaijan umumkan mobilisasi militer parsial

332

Support Us

BAKU (Arrahmah.com) – Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev pada Senin (28/9/2020) menandatangani keputusan tentang mobilisasi militer parsial di negara itu menyusul bentrokan perbatasan di perbatasan Armenia-Azerbaijan.

Menurut keputusan pada hari kedua bentrokan tersebut, Dinas Negara untuk Mobilisasi dan Militer Azerbaijan akan melaksanakan langkah-langkah terkait dengan perekrutan warga negara untuk dinas militer dan angkutan militer.

Resolusi dari semua masalah yang terkait dengan keputusan itu dirujuk ke Kabinet.

Bentrokan perbatasan meletus Ahad pagi ketika pasukan Armenia menargetkan permukiman sipil Azerbaijan dan posisi militer, yang menyebabkan korban. Parlemen Azerbaijan menyatakan keadaan perang di beberapa kota dan wilayahnya menyusul pelanggaran perbatasan Armenia dan serangan di wilayah Nagorno-Karabakh yang diduduki.

Hubungan antara kedua negara bekas Soviet itu tegang sejak 1991, ketika militer Armenia menduduki Karabakh Atas, atau Nagorno-Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional.

Empat Dewan Keamanan PBB dan dua resolusi Majelis Umum PBB serta banyak organisasi internasional menuntut penarikan pasukan pendudukan.

OSCE Minsk Group – diketuai bersama oleh Perancis, Rusia dan AS – dibentuk pada tahun 1992 untuk menemukan solusi damai untuk konflik tersebut, tetapi tidak berhasil. Gencatan senjata, bagaimanapun, disepakati pada tahun 1994.

Perancis, Rusia dan NATO, antara lain, mendesak penghentian segera bentrokan di wilayah pendudukan.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah