Berita Dunia Islam Terdepan

Trump bilang puas negosiasi dengan Taliban yang "tangguh" dan "cerdas"

854

Support Us

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Presiden Donald Trump pada hari Jumat (18/9/2020) memuji Taliban karena tangguh dan cerdas, dan mengatakan Amerika Serikat berurusan dengan baik dengan tersebut.

Taliban, yang pernah memerintah di Afghanistan namun kemudian digulingkan oleh pasukan AS yang menginvasi negara itu sebulan setelah serangan 11 September 2001, memulai negosiasi damai dengan pemerintah Kabul minggu ini untuk mengakhiri perang selama dua dekade.

“Kami berurusan dengan sangat baik dengan Taliban,” kata Trump dalam konferensi pers. “Mereka sangat tangguh, mereka sangat cerdas, mereka sangat tajam, tetapi anda tahu ini sudah 19 tahun dan bahkan mereka lelah bertarung.”

Berita Terkait

Trump, yang berupaya terpilih kembali pada 3 November, ingin mengklaim diakhirinya konflik terpanjang di Amerika, dan pemerintahannya telah menyuarakan niatnya untuk menggunakan bantuan sebagai pengaruh untuk mendorong kesepakatan damai di Afghanistan.

Amerika Serikat akan menarik semua tentaranya dari Afghanistan pada Mei 2021, tergantung pada jaminan keamanan tertentu yang dipenuhi oleh Taliban.

Para juru runding perdamaian Taliban dan pemerintah Afghanistan mengadakan pertemuan formal pertama mereka pada Selasa (15/9) di Doha, setelah upacara pembukaan pada hari Sabtu pekan lalu yang dihadiri oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah