Berita Dunia Islam Terdepan

Rumania Sita 4 Juta Pil Narkoba Dari Suriah

80

Support Us

BUCHAREST (Arrahmah.com) – Otoritas Rumania di pelabuhan Konstanta telah menyita sejumlah besar Captagon yang ditemukan di sebuah kapal yang datang dari Suriah (2/9/2020).

Amfetamin seberat 751 kilogram atau lebih dari 4 juta pil captagon, sejenis amfetamin yang diklaim digunakan oleh para Jihadi untuk tidak takut mati, disembunyikan di sebuah kapal yang telah berlabuh di Pelabuhan Laut Hitam Konstanta pada 30 Agustus.

Kapal yang telah meninggalkan pelabuhan Latakia di Suriah ini, seperti dilansir Balkan Insight juga membawa 1,5 ton ganja yang akhirnya disita oleh para pejabat Rumania.

Menurut otoritas Rumania, narkoba senilai 80 juta Euro ini dipasok oleh ISIS untuk mendanai kelompoknya dan akan melayani seluruh pasar Eropa. Namun berdasarkan investigasi pers, isu pemasok adalah ISIS telah dibantah keras.

Hasil investigasi menunjukan bahwa pemasok adalah orang penting dalam lingkaran keluarga pemimpin rezim Suriah Bashar Asad. Narkoba diduga kuat dijual ke pasar internasional untuk membiayai perang Suriah. ISIS dipastikan bukan pemasok karena mereka sudah beberapa tahun terakhir terusir dari wilayah Idlib dan pelabuhan Latakia merupakan daerah yang dikuasai rezim Suriah.

Sebelumnya pada Juli 2020, Italia sempat juga menggagalkan masuknya narkoba sejenis senilai 1 milyar Euro yang sama berasal dari Pelabuhan Latakia.

Obat-obatan amfetamin seperti Captagon saat ini populer di kalangan anak muda Timur Tengah dan negara-negara Teluk.

Mereka menggunakannya untuk tujuan rekreasi serta untuk meningkatkan kemampuan belajar mereka. Sebagian lainnya menggunakannya untuk menurunkan berat badan. (Hanoum/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan