Berita Dunia Islam Terdepan

Warga Idlib Desak HTS Bebaskan Tox dan Bilal

633

Support Us

IDLIB (Arrahmah.com) – Sejumlah warga melakukan aksi protes di Idlib menuntut pembebasan Tauqir “Tox” Sharif dan Bilal Abdul Kareem.

Dalam berita foto yang dilansir media independen Enab Baladi (29/8/2020), ibu-ibu dan anak-anak menggelar aksinya di desa Atmah, Idlib, tempat dimana Tox ditangkap oleh kelompok pejuang pembebasan Suriah Hai’ah Tahrir Syam (HTS).

Tauqir “Tox” Sharif atau Abu Husam Al-Biritani adalah relawan kemanusiaan asal London, Inggris, yang mendirikan lembaga kemanusiaan Live Updates di Suriah pada tahun 2013.

Wanita dan anak-anak menggelar aksi protes menuntut pembebasan Tox dan Bilal Abdul Kareem. (Foto: Enab Baladi)

Dalam aksi sosialnya di Suriah, dia telah menyelenggarakan 41 proyek bantuan di Idlib dengan 200 orang relawan di dalamnya. Selain itu dia kerap memberikan donasi pada janda dan anak-anak yatim serta membiayai dan mengelola sebuah sekolah.

Tox ditangkap HTS karena dituduh memiliki hubungan dengan kelompok bersenjata di Suriah yang menjadi rival HTS. Namun dia membantah tuduhan tersebut.

Sebelum ke Suriah, Tox sudah malang melintang di dunia kemanusiaan. Dia pernah bergabung dalam konvoi Viva Palestina ke Gaza (2009), Pakistan Flood Relief (2010), kapal Mavi Marmara (2010), Road 2 Hope Convoy Gaza (2010), dan konvoi bantuan pertama ke Suriah (2012).

Adapun Bilal Abdul Kareem atau Darrell Lamont Phelps, adalah seorang jurnalis dan koresponden perang asal Amerika yang meliput Perang Suriah untuk berbagai media.

Bilal yang telah meliputi Perang Suriah sejak tahun 2012 ini ditangkap dua pekan lalu karena diduga terkait dukungannya pada Tox. (Hanoum/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan