Berita Dunia Islam Terdepan

AS hentikan bantuan bendungan Renaissance ke Ethiopia

288

Support Us

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Menteri Luar Negeri Mike Pompeo telah menyetujui rencana untuk menghentikan bantuan asing AS ke Ethiopia atas perselisihan negara itu mengenai Bendungan Renaissance dengan Mesir dan Sudan.

Hal tersebut dapat mempengaruhi hingga $ 130 juta bantuan luar negeri AS ke Ethiopia, pejabat AS melaporkan pernyataan Kebijakan Luar Negeri.

Pejabat tersebut mencatat bahwa hal ini dapat mempengaruhi bantuan keamanan, kontraterorisme dan pendidikan dan pelatihan militer, program anti perdagangan manusia, dan pendanaan bantuan pembangunan yang lebih luas.

Namun, pemotongan tersebut tidak akan memengaruhi pendanaan AS untuk bantuan kemanusiaan darurat, bantuan makanan, atau program perawatan kesehatan yang ditujukan untuk menangani COVID-19 dan HIV / AIDS.

Menurut Kebijakan Luar Negeri, Presiden AS Donald Trump menyukai Presiden Mesir Abdel-Fattah Al-Sisi, menjelaskan klaim oleh pejabat Ethiopia bahwa pemerintah AS memihak Mesir dalam pembicaraan tentang bendungan.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada Foreign Policy: “Masih ada kemajuan, kami masih melihat jalan yang layak di sini. Peran AS adalah melakukan apa saja untuk membantu memfasilitasi kesepakatan antara tiga negara yang menyeimbangkan kepentingan mereka. ”

Kebijakan Luar Negeri melaporkan bahwa seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS memberi pengarahan singkat kepada Kongres tentang keputusan tersebut pada hari Kamis dan menekankan bahwa: “Hubungan AS-Ethiopia akan tetap kuat meskipun ada pengurangan bantuan karena AS dapat melakukan percakapan yang sulit ‘dengan teman’.”

Pada Selasa, Pompeo mengunjungi Sudan untuk bertemu dengan Perdana Menteri Abdullah Hamdok. Meski tidak bertemu Hamdok, Departemen Luar Negeri AS menegaskan bahwa Pompeo setuju dengan Hamdok untuk mencapai kesepakatan yang melindungi hak-hak Sudan, Mesir, dan Ethiopia.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan