Berita Dunia Islam Terdepan

Warga Palestina selenggarakan pameran kejutan untuk berterima kasih kepada Banksy

453

Support Us

BETHLEHEM (Arrahmah.com) – Warga Palestina mengadakan pameran yang menampilkan 20 karya seni Banksy di Bethlehem untuk memberikan penghormatan kepada seniman jalanan Inggris anonim yang, kata mereka, telah membantu mendiversifikasi industri pariwisata di kota, lapor Guardian.

Kata-kata “Terima kasih Banksy” dibuat sketsa di seberang pantai di Gaza oleh seniman, berkoordinasi dengan pameran. Empat dari karya seni Banksy ada di Gaza.

Disampaikan dalam pesan video ke Banksy yang diunggah pada Selasa, koordinator acara Yamen Elabed berkata: “Banksy selalu mengejutkan kami dan hari ini saya ingin mengejutkannya dan mendidik orang tentang karya seninya.”

Dengan hampir 300 orang yang hadir, pameran tersebut diselenggarakan “untuk menunjukkan Banksy bahwa kami berterima kasih atas dukungannya”.

“Saya hanya ingin pesan terima kasih sampai ke Banksy, dia telah membantu perekonomian kita dengan pariwisata ‘alternatif’.”

Peristiwa ini terjadi setelah seniman jalanan Inggris itu menyumbangkan $ 2,9 juta hasil penjualan tiga karyanya ke sebuah rumah sakit Palestina.

Menurut Guardian, sopir taksi Ayoub Ali, yang menghadiri pameran tersebut, mengatakan penampilan karya Banksy telah membantu mendiversifikasi pariwisata di Bethlehem, tujuan ziarah utama.

Banksy sering membahas perjuangan orang Palestina.

Banksy juga telah membuat sejumlah karya di Separation Wall sendiri dengan grafiti yang menurut Elabed, yang mengaku sebagai penggemar berat Banksy, menempatkan artis anonim tersebut dalam risiko.

Dia berkata: “Pada tahun 2005, dia adalah seniman grafiti pertama yang menggambar di dinding, dan itu berisiko karena selama pemberontakan pertama dan kedua, coretan di dinding dilarang, banyak orang terluka atau ditangkap karena membuat grafiti.”

Ini adalah langkah yang membuatnya dihormati banyak orang dari Palestina. Dia menambahkan: “Banksy melakukan banyak hal untuk Palestina. Kami ingin melihatnya lagi di Palestina.”

Karya Banksy di Gaza.
Karya Banksy di Bethlehem.
Karya Banksy di tembok apartheid.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan