Berita Dunia Islam Terdepan

AS bilang pasukan Iran cegat kapal sipil di perairan internasional

142

Support Us

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Militer Amerika Serikat mengatakan pasukan Iran cegat kapal sipil di perairan internasional di Teluk, lansir Al Jazeera, Kamis (13/8/2020).

Komando Pusat AS merilis video hitam-putih buram di Twitter yang menunjukkan helikopter di dekat kapal besar.

“Hari ini di perairan internasional, pasukan Iran, termasuk dua kapal dan helikopter Iranian Sea King, menyalip dan menaiki sebuah kapal bernama Wila,” kata Komando Pusat AS, sehari sebelumnya (12/8).

Menurut data pelacakan Refinitiv, Wila – sebuah kapal tanker minyak berbendera Liberia – berlabuh di dekat pelabuhan Khor Fakkan di Uni Emirat Arab.

Pemilik terdaftar Wila adalah perusahaan Liberia bernama Bandit Shipping Co, yang dikelola oleh perusahaan Yunani IMS SA, menurut catatan PBB. Tidak ada perusahaan yang bisa segera dihubungi.

Seorang pejabat AS, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan insiden itu terjadi di dekat Selat Hormuz – rute lintasan 20 persen dari semua minyak yang diperdagangkan di dunia- dan kapal itu dibebaskan oleh pasukan Iran setelah lima jam. Pejabat itu mengatakan militer AS tidak terlibat dalam apa pun selain memantau situasi.

Pejabat militer AS tidak memberikan alasan apapun bagi Iran untuk menyita kapal tersebut. Media dan pejabat pemerintah Iran tidak segera mengakui penyitaan itu atau menawarkan alasannya. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan