Berita Dunia Islam Terdepan

Houtsi dituduh eksploitasi isu ledakan Beirut untuk danai Hizbullah

303

Support Us

SANAA (Arrahmah.com) – Sejumlah aktivis Yaman menuduh milisi Houtsi di Sanaa mempersiapkan penggalangan dana untuk Hizbullah yang bermarkas di Libanon dengan latar belakang ledakan pelabuhan Beirut yang melanda ibukota Libanon dan menyebabkan sekitar 100 orang kehilangan tempat tinggal.

Di media sosial, kelompok aktivis Yaman menuduh fraksi perang Iran ini mengeksploitasi ledakan Beirut untuk mencuri lebih banyak dana dari Yaman dan mengarahkan dana itu ke dalam upaya perang mereka dan mendanai Hizbullah yang berbasis di Libanon. Semua ini terjadi pada saat rakyat Yaman berjuang untuk mengamankan makanan sehari-hari mereka.

Pemimpin Houtsi Abdul-Malik Badreddin al-Houtsi telah memerintahkan pemimpin kelompok itu untuk mengatur kampanye sumbangan. Akibatnya, Houtsi mengirimkan teks SMS meminta orang untuk menyumbang ke rekening bank tertentu.

Aktivis Yaman mengecam perilaku kelompok Houtsi, dengan mengatakan bahwa mereka tidak memahami besarnya bencana yang akan dihadapi warga Yaman karena perang, kelaparan, dan penyakit yang sedang berlangsung. Sementara gaji pegawai negeri Yaman tetap dibekukan, Houtsi bergegas untuk membantu Hizbullah dengan anggapan bahwa dana tersebut ditujukan untuk membantu rakyat Libanon.

Asharq al Awsat melansir aksi pengumpulan dana untuk Hizbullah ini bukan pertama kalinya bagi Houtsi. Tahun lalu, mereka mengumpulkan sekitar $ 132.000 melalui stasiun radio Sam setelah sanksi internasional terhadap Iran dilanjutkan.

Pendanaan Teheran untuk Hizbullah, sejak sanksi, telah berkurang secara signifikan.

Aktivis Yaman mengatakan bahwa uang yang dikumpulkan oleh milisi Houtsi untuk Hizbullah mengkonfirmasi keterlibatan mereka dengan agenda regional Iran.

Kampanye Houtsi baru mengumpulkan sumbangan untuk Iran membuat marah penduduk ibu kota, Sanaa, karena banyak dari mereka mengungkapkan penghinaan mereka atas perilaku kelompok tersebut, yang lebih tertarik pada kepentingan Hizbullah Libanon daripada untuk kepentingan Yaman dan meringankan penderitaan mereka.

“Kami tidak terkejut dengan tindakan yang diilhami sektarian Houtsi untuk mendukung sekutunya di wilayah tersebut,” kata seorang aktivis Yaman di Sanaa, menambahkan bahwa yang mengejutkan adalah kampanye donasi tersebut dijalankan sementara rakyat Yaman kelaparan. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan