Berita Dunia Islam Terdepan

Shin Bet mata-matai ponsel orang 'Israel' selama bertahun-tahun

307

Support Us

TEL AVIV (Arrahmah.com) – Agen keamanan internal “Israel”, Shin Bet, telah secara diam-diam melacak warga “Israel” setidaknya selama dua setengah tahun dan memiliki akses ke konten ponsel mereka, yang mungkin masih berlangsung sebagai bagian dari program untuk memerangi ISIS, lapor Channel 13.

Menurut laporan itu, program tersebut, di mana ponsel mayoritas orang “Israel” menjadi sasaran pemantauan oleh Shin Bet, tidak disetujui oleh Knesset yang mengutip sumber-sumber anonim.

Program Kotak Gelap dilaporkan disetujui oleh tim pejabat senior Kementerian Kehakiman, yang dipimpin oleh pengacara negara bagian saat itu Shai Nitzan serta Jaksa Agung Avichai Mandelblit, tetapi tidak tunduk pada pengawasan parlemen, undang-undang, atau peraturan apa pun.

Laporan itu tidak mengatakan dengan tepat jenis data apa yang dikumpulkan, meskipun menyatakan bahwa layanan keamanan memanfaatkan basis data yang dimiliki oleh perusahaan telepon seluler untuk menyimpan informasi tanpa persetujuan perusahaan.

Ketika Shin Bet menemukan informasi yang berguna, mereka akan mengajukan permintaan kepada hakim untuk mengeluarkan perintah penyadapan atau pesanan lainnya, tetapi tidak akan memberi tahu para hakim bagaimana informasi awal dikumpulkan, lapor Jerusalem Post.

Kejadian tersebut terjadi setelah parlemen “Israel” pekan lalu memberi wewenang kepada badan intelijen untuk melacak ponsel-ponsel pembawa virus corona dan mereka yang mereka hubungi selama sisa tahun ini di tengah pelonjakan kasus-kasus baru.

“Metode operasi Shin Bet dalam perang melawan terorisme dan secara umum dirahasiakan oleh hukum dan paparan mereka dapat menyebabkan kerusakan serius pada keamanan negara,” kata Kementerian Kehakiman kepada Channel 13.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan